Dianggap Berbahaya, MotoGP Gunakan Layout F1 di Catalunya

Sabtu, 10 Juni 2017 02:37 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© MotoGP.com
Penampakan Sirkuit Catalunya. Copyright: © MotoGP.com
Penampakan Sirkuit Catalunya.

Sejumlah pembalap mengeluhkan chicane baru yang digunakan panitia balapan MotoGP Catalunya. Menjawab keluhan tersebut, panitia akhirnya memutuskan untuk kembali menggunakan layout milik trek Formula 1 (F1).

Sebagaimana diketahui, layout Sirkuit Catalunya memang diubah oleh panitia pada pertengahan musim lalu. Hal tersebut dilakukan usai kecelakaan fatal yang menewaskan pembalap Moto2, Luis Salom.

© Getty Images
Luis Salom meninggal dunia di Sirkuit Catalunya tahun lalu. Copyright: Getty ImagesLuis Salom meninggal dunia di Sirkuit Catalunya tahun lalu.

Baca Juga

Namun, penggunaan itu hanya bersifat sementara. Pasalnya, dinding pembatas dianggap terlalu dekat ketika pembalap mendekati tikungan 14. Maka dari itu, chicane baru dibangun di Catalunya. Namun, para pembalap mengkritik chicane baru tersebut.

© Motorsport
Tampilan chicane baru Sirkuit Catalunya. Copyright: MotorsportTampilan chicane baru Sirkuit Catalunya.

Setelah melakukan pertemuan antara komisi keselamatan dengan para pembalap, maka Loris Capirossi yang datang sebagai perwakilan Dorna menyatakan chicane baru tersebut tidak akan digunakan.

“Komisi keselamatan para pembalap sedikit komplen mengenai layout baru. Mereka mengatakan tampilan baru tidak bekerja sesuai harapan dan banyak sekali benjolan di trek itu. Itu alasan kenapa para pembalap meminta menggunakan lagi layout tahun lalu,” kata Capirossi.

“Itu kenapa kami berada di sini untuk memastikan bahwa trek yang digunakan besok benar-benar aman,” kata mantan pembalap itu, sebagaimana diberitakan Crash.

Dalam Free Practice 1 dan 2 yang berlangsung kemarin, terlihat banyak sekali pembalap yang mengalami kecelakaan di tikungan tersebut.

“Kami melihat selama sesi latihan bebas banyak sekali kecelakaan di tikungan keluar dan itu sangat berbahaya. Kami memiliki pengalaman buruk kejadian tahun lalu di chicane lama dan saat itu kami tidak mengalami banyak kecelakaan seperti hari ini,” ujar Capirossi.

“Untuk itu, pembalap meminta panitia untuk menggantinya. Mengurangi tingkat kecelakaan, maka diputuskan bahwa chicane yang digunakan tahun lalu memang lebih baik,” sambungnya.