Formula 1

Anies Baswedan: Jakarta Akan Jadi Tuan Rumah Formula E 5 Tahun Berturut-turut

Sabtu, 21 September 2019 12:44 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Karina Kusuma Wijaya/INDOSPORT
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, baru saja meresmikan Jakarta sebagai tuan rumah ajang balap mobil listrik bergengsi, Formula E. Copyright: © Karina Kusuma Wijaya/INDOSPORT
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, baru saja meresmikan Jakarta sebagai tuan rumah ajang balap mobil listrik bergengsi, Formula E.

FOOTBALL265.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, baru saja meresmikan Jakarta sebagai tuan rumah ajang balap mobil listrik bergengsi, Formula E, yang jatuh pada 6 Juni 2020.

Perjalanan Jakarta menjadi tuan rumah bukan hal yang mudah, Anies Baswedan bersama Chief Championship Officer Formula E, Alberto Longo, harus menjalani diskusi serius terkait hal ini. 

“Bulan Juli yang lalu di New York, saya bersama Alberto dan tim Formula E, membicarakan fase lanjutan rencana untuk menjadi tuan rumah,” kata Anies pada konferensi pers ‘Jakarta E-Prix 2020’ di bilangan Monas, Jumat (20/09/19). 

“Lalu kita menyepakati Jakarta untuk menjadi tuan rumah, dan pembicaraan selesai pada bulan Agustus yang lalu,” ucap dia menambahkan. 

Terkait kawasan yang akan dijadikan sebagai arena sirkuit balap, Anies mengatakan hal itu belum tuntas dibicarakan, tetapi yang jelas kawasan Monas sudah menjadi pilihan untuk balap mobil Formula E. 

Selain berkesempatan menjadi tuan rumah balap mobil Formula E 2020 atau pada musim keenam, Anies Baswedan sempat menyatakan bahwa Jakarta akan menjadi tuan rumah dalam lima tahun berturut-turut yang sontak mengejutkan sekaligus membanggakan masyarakat Jakarta. 

“Kita akan jadi tuan rumah lima tahun berturut-turut, investasi yang kita lakukan tidak akan habis percuma karena digunakan satu kali, justru bisa digunakan berkali-kali,” tutur Anies

Ajang balap mobil Formula E ini memiliki pesan tersendiri bagi Anies, di mana dia berharap acara tahunan ini tumbuh menjadi acara yang dinantikan masyarakat Indonesia dan mengundang masyarakat internasional untuk datang. Ia juga berharap Jakarta bisa berkomitmen untuk menggunakan kendaraan yang berbasis listrik. 

Penulis: Karina Kusuma Wijaya