MotoGP

Ini Sirkuit dengan Kecelakaan Paling Sedikit dalam Sejarah MotoGP

Sabtu, 28 September 2019 10:33 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Sirkuit Aragon menjadi lintasan dengan kecelakaan paling sedikit di kejuaraan balap motor MotoGP, Moto2 dan Moto3 sejak musim 2009 silam. Copyright: © INDOSPORT
Sirkuit Aragon menjadi lintasan dengan kecelakaan paling sedikit di kejuaraan balap motor MotoGP, Moto2 dan Moto3 sejak musim 2009 silam.

FOOTBALL265.COM – Sirkuit Aragon menjadi lintasan dengan kecelakaan paling sedikit di kejuaraan balap motor MotoGP, Moto2 dan Moto3 sejak musim 2009 silam.

Melansir dari lama resmi MotoGP, tercatat hanya ada 15 kecelakaan yang pernah terjadi di tiga kelas gelaran balap motor tersebut, dibandingkan dengan sirkuit lainnya.

Total 15 kecelakaan yang terjadi di Motorland Aragon tersebut juga menjadi yang terendah sejak Grand Prix Qatar 2009, di mana hanya ada 13 crash yang terjadi di Sirkuit Internasional Losail.

Angka tersebut lebih rendah dari sirkuit Red Bull Ring, Austria yang mencatat telah terjadi 39 kecelakaan. Sementara kecelakaan paling tinggi terjadi di sirkuit Le Mans.

Dalam balapan yang berlangsung di sirkuit Le Mans, 90 kecelakaan telah terjadi. Selain itu, kecelakaan yang paling sedikit yang terjadi di Grand Prix tahun lalu ialah di sirkuit Termas de Rio Hondo dengan adanya 20 insiden kecelakaan.

Di sisi lain, nasib empat seri balapan Spanyol yakni MotoGP Spanyol, MotoGP Catalunya, MotoGP Aragon dan MotoGP Valencia sedang diambang masalah.

Pasalnya, Dorna Sports selaku pengelola ajang MotoGP akan memangkas satu dari empat seri balapan Spanyol. Namun perwakilan Aragon menyatakan keberatan dengan keputusan tersebut dan menilai bahwa seri balapannya telah membuktikan bahwa mereka pantas menjadi tuan rumah.