MotoGP

Aspal Sirkuit Mandalika Panen Kritik, Bos Dorna Tuding Ada Kesalahan Desain

Kamis, 24 Februari 2022 20:42 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/ITDC/MGPA
CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, menuding ada kesalahan desain dalam aspal Sirkuit Mandalika. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/ITDC/MGPA
CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, menuding ada kesalahan desain dalam aspal Sirkuit Mandalika.

FOOTBALL265.COM - CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta menuding ada kesalahan desain dalam aspal Sirkuit Mandalika. Alhasil tempat yang akan menjadi tuan rumah MotoGP 2022 itu panen kritikan.

MotoGP Indonesia 2022 akan dilangsungkan di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret mendatang. Kini banyak pihak tengah berusia untuk menyempurnakan lintasan di sirkuit tersebut.

Pasalnya, sebelumnya Sirkuit Mandalika menerima banyak kritikan setelah aspalnya terkelupas. Hal itu diungkapkan oleh Carmelo Ezpelata mengatakan bahwa sebagian aspal Sirkuit Mandalika rusak karena tak tahan dengan kekuatan mesin MotoGP.

"Itu menunjukkan kekuatan sepeda motor MotoGP juga mampu menghancurkan aspal jika tidak dikerjakan dengan benar. Tentunya ada kesalahan dalam desain aspal di beberapa bagian sirkuit," ujar Ezpeleta dilansir dari Motosport Italia.

Kini MGPA dan ITDC tengah bersusaha keras untuk memperbaikinya. Rencananya beberapa bagian yang rusak akan diaspal ulang.

Proyek itu ditargetkan rampung sebelum 18 Maret mendatang. Dengan demikian Indonesia tidak harus menanggung malu saat gelaran tes pramusim MotoGP 2022 berlangsung.

"Tapi kami sedang berusaha mengatasi situasi ini, karena beberapa bagian itu akan diaspal ulang sebelum balapan 18 Maret. Kami akan melakukan semua tenaga untuk memastikan balapan MotoGP Mandalika," sambungnya lagi.

Sebelumnya Direktur Utama PT PP Novel Arsyad, perusahaan konstruksi dan investasi pembangun MotoGP Mandalika, tidak memungkiri pengelupasan aspal bisa terjadi karena kemungkinan kurang disentuh secara maksimal. Pengaspalan ulang sejumlah bagian trek Sirkuit Mandalika dijadwalkan mulai hari ini, Kamis (24/02/22).