MotoGP

Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda 2022: Start Terdepan di Assen, Bagnaia Bisa Tebus Kesalahan di Jerman

Sabtu, 25 Juni 2022 20:08 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Willy Kurniawan
Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia, saat menjajal sesi latihan bebas di Sirkuit Mandalika. Copyright: © REUTERS/Willy Kurniawan
Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia, saat menjajal sesi latihan bebas di Sirkuit Mandalika.

FOOTBALL265.COM – Berikut merupakan hasil kualifikasi MotoGP Belanda 2022 yang digelar di Sirkuit Assen pada Sabtu (25/06/22), Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia start terdepan.

Sesi kualifikasi MotoGP 2022 dimulai di sesi kualifikasi 1 yang berjalan cukup menarik dengan lima menit terakhir nyaris dikuasai oleh pembalap Yamaha, Fabio Quartararo hingga dua menit belakangan.

Pesaing terdekat Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia pun menempel di posisi kedua, diikuti oleh pembalap Aprilia, Aleix Espargaro.

Namun demikian, hanya dua menit jelang sesi kualifikasi berakhir, pembalap Ducati, Francesco Bagnaia kemudian mengambil alih pimpinan sesi dengan catatan waktu 1 menit dan 32 detik.

Posisi tiga besar pun berubah dengan mencuatnya nama pembalap Ducati, Jack Miller mengambil alih posisi Aleix Espargaro di tiga besar.

Namun demikian, di akhir sesi kualifikasi, Quartararo mampu mengambil alih pimpinan sesi dan membuat Bagnaia kembali ke posisi runner-up.

Memasuki sesi kualifikasi kedua, 12 pembalap yang lolos dari sesi pertama langsung memacu kendaraan mereka di sirkuit Assen, Belanda.

Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin mampu tampil bagus di awal kualifikasi kedua dengan meraih waktu tercepat dengan diikuti oleh pembalap Yamaha, Fabio Quartararo, dan pembalap tim pabrikan Ducati, Jack Miller di posisi ketiga.

Namun demikian, pada tikungan pertama Sirkuit Assen, Fabio Quartararo justru sempat gagal berbelok dan meluncur ke gravel.

Beruntung insiden kecil ini tak membuat juara dunia Motogp 2021 ini kehilangan posisi keduanya dengan didahului oleh pembalap lain.