Formula 1

Lewis Hamilton Bakal Jalani Balapan ke-300, Ini Daftar Pembalap F1 dengan Start Terbanyak

Sabtu, 23 Juli 2022 12:38 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Dan Istitene - Formula 1 via Getty Images
Lewis Hamilton Bakal Jalani Balapan ke-300, Ini Daftar Pembalap F1 dengan Start Terbanyak. Copyright: © Dan Istitene - Formula 1 via Getty Images
Lewis Hamilton Bakal Jalani Balapan ke-300, Ini Daftar Pembalap F1 dengan Start Terbanyak.

FOOTBALL265.COM - Berikut daftar pembalap Formula 1 (F1) yang mampu mencatatkan start atau balapan terbanyak sepanjang sejarah, termasuk ada Lewis Hamilton.

Saat ini Lewis Hamilton telah menjalani 299 balapan sejak memulai debut di F1 pada 2007 silam. Ia hanya sekali melewatkan balapan yakni saat GP Sakhir 2020 lalu karena terinfeksi Covid-19.

Pada akhir pekan ini tepatnya di F1 GP Prancis di Sirkuit Paul Ricard, Le Castellet. Lewis Hamilton akan menjalani balapan ke-300.

Akan tetapi, pembalap berusia 37 tahun ini masih kalah dengan lima nama lainnya. Seperti  Kimi Raikkonen dengan 349 start dan di bawahnya ada Fernando Alonso yang masih aktif.

Hal ini membuat Lewis Hamilton menyebut kalau Fernando Alonso merupakan rival terberatnya. Apalagi mereka pernah bertandem di McLaren Mercedes pada 2007, dan sempat bersaing sengit memperebutkan gelar dunia pada 2010-2014.

"Sulit menyebut siapa rival terkuat saya. Pasalnya, tiap kali bertarung dengan seseorang, Anda ada di fase berbeda dalam hidup Anda," ujar Lewis Hamilton dilansir dari Crashnet.

"Saya ingat ketika ditugaskan setim dengan Fernando pada usia 22 tahun. Saya masih muda, secara mental dan skill. Ada beban besar ketika harus berhadapan dengan pembalap hebat seperti dia."

"Jadi, bisa saya katakan, kalau murni soal ritme balap dan kemampuan, saya rasa orangnya adalah Fernando. Kami menjalani beberapa pertarungan yang hebat."

"Saya harap kami bisa mendapatkannya lebih sering. Semoga ia juga tetap balapan, dan semoga kami bisa kembali bertarung pada masa depan," pungkasnya.

Selain Lewis Hamilton, siapa lima pembalap lainnya yang mampu mencatatkan start terbanyak di Formula 1?