x

Negara di Asia Tenggara Ini Gantikan Malaysia di F1, Indonesia?

Jumat, 19 Januari 2018 20:22 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala

Formula 1 musim depan akan kembali menyambangi negara di Asia Tenggara, usai sebelumnya Malaysia mengundurkan diri tak lagi menjadi tuan rumah bagi ajang balap mobil akbar tersebut di musim-musim berikutnya. 

Dilansir dari readmotorsport.com, sebuah sumber mengungkapkan pada media bisnis kenamaan Forbes soal adanya rencana Formula 1 untuk kembali menghelat balapan di negara Asia Tenggara, usai Malaysia tak lagi menjadi tuan rumah seri balap tersebut.

Sirkuit Happy Land Vietnam.

Negara tersebut adalah Vietnam yang digadang-gadang bersaing masuk dalam kalender Formula 1 musim depan nanti. Untuk kepastiannya sendiri, kemungkinan pihak Formula 1 akan mengumumkannya beberapa pekan mendatang. 

Sebenarnya, untuk rencana balapan di Vietnam sendiri, tepatnya di Ho Chi Minh City telah diperdebatkan sejak 2010 lalu, pada masa jabatan CEO Formula 1, Bernie Eccelstone. Namun kontrak sendiri sama sekali tak pernah ditandatangani. 

Jadwal Formula 1 2018.

Ho Ci Minh City sendiri, seperti dikutip dari Pitpass, memiliki sebuah sirkuit dengan panjang 30 kilometer bernama HappyLand. Namun jika ditilik lagi dari segi kelayakan yang harus dimiliki oleh sebuah sirkuit, HappyLand belum memenuhi hal tersebut sama sekali. 

Dalam sebuah studi kelayakan yang pernah dilakukan pada 2016 lalu, sebuah perusahaan asing sempat ingin membangun sebuah sirkuit dengan spesifikasi kelayakan yang memenuhi standar yang diterapkan oleh Formula 1 sendiri.

Baca Juga

Jika memang benar kesampaian Vietnam masuk dalam kalender Formula 1 musim depan, tentunya negara tersebut akan menambah deretan negara yang sempat menjadi tuan rumah bagi Formula 1.

MalaysiaFormula 1Sirkuit SepangFormula 1 2018

Berita Terkini