x

Serius Ingin Pindah ke F1, Marquez Tinggalkan MotoGP?

Kamis, 7 Juni 2018 12:06 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
Pembalap Marc Marquez menjajal Formula 1 dengan mengendarai mobil milik Toro Rosso.

Setelah menjajal untuk pertama kalinya mobil Formula 1 (F1), pembalap MotoGP, Marc Marquez, mulai serius memikikirkan masa depannya dengan pindah ke balapan Formula 1.

Baca Juga

Juara dunia MotoGP itu telah mendapatkan kesempatan untuk mencoba mobil F1 merek Toro Rosso yang pernah menjuarai Red Red Racing RB8 2013 di Sirkuit Red Bull Ring, lokasi balapan  F1 dan MotoGP Austria. Sebelumnya, Marquez dan telah menyelesaikan lap di simulator Red Bull di Milton Keyness.

Marquez tidak sendiri karena ditemani oleh rekan setimnya dari Repso Honda, yakni Dani Pedrosa. Mereka diberi pengarahan oleh mantan juara Grand Prix F1 Mark Webber. Percobaan balapan kedua pembalap MotoGP itu juga disaksikan oleh penasihat motor Red Bull Dr Helmut Marco, dan ketua non-eksekutif Mercedes Niki Lauda.


1. Berpikir Pindah ke F1

Pembalap Marc Marquez menjajal Formula 1 dengan mengendarai mobil milik Toro Rosso.

Marquez baru saja memperbarui kontrak dengan skuat Honda hingga akhir 2020, dan mengatakan bahwa F1 bisa menjadi rencana seriusnya beberapa tahun ke depan lantaran ia terkesan saat mengendari mobil F1

“Saya sepenuhnya memfokuskan akan tetap di MotoGP beberapa tahun ke depan. Saya menjadi bagian dari tim yang hebat, dan saya merasa sangat bersemangat,” kata Marquez dilansir Crash.

“Siapa tahu, mungkin Formula 1 akan menjadi rencana serius saya dalam beberapa tahun mendatang," tambahnya.

“Saya selalu bermimpi mencoba balapan mobil tercepat di dunia. Saya sangat menghargainya hari ini, dan saya memikirkannya. Pada akhirnya ini pengalaman yang luar biasa, dan puncak sebenarnya karier saya,” lanjut pembalap asal Spanyol itu.


2. Perbedaan balapan F1 dan MotoGP

Pembalap Marc Marquez menjajal Formula 1 dengan mengendarai mobil milik Toro Rosso.

Di dalam wawancaranya usai menjajal mobil F1, Marquez juga membandingkan pengalamannya ketika ia mengendari motor Honda RC213V untuk balapan MotoGP-nya selama ini.

“Ada perbedaan besar dibandingkan MotoGP. Daya penglihatan yang terbatas menjadi tantangan besar, terutama saat memulai balapan. Anda merasa jauh lebih terbatas di balik kemudi,” jelas Marquez.

“Jarak pengereman dan waktu membelok benar-benar berbeda. mobil Formula 1 memiliki lebih banyak downforce, tentu saja, yang sangat menyenangkan di bagian sirkuit yang memiliki banyak belokan,”


3. Bukan Pembalap MotoGP Pertama

Pembalap Marc Marquez menjajal Formula 1 dengan mengendarai mobil milik Toro Rosso.

Dua pembalap Repsol Honda itu menjadi pembalap teranyar dari MotoGP yang menjajal mobil F1, setelah sebelumnya Valentino Rossi mencoba mobil Ferrari dan Jorge Lorenzo dengan Mercedes. Pembalap F1 Fernando Alonso juga melakukannya tetapi menjajal motor MotoGP 2015 milik Marquez dalam acara Honda “Thanks Day” di Motegi.

Hingga kini belum ada pembalap MotoGP yang mencoba beralih profesi ke balapan F1 atau sebaliknya, setelah John Surtees tercatat sebagai pembalap satu-satunya dalam sejarah yang sukses menjuarai balapan Grand Prix roda dua dan empat.

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.

 

Marc MarquezRepsol HondaF1Dani PedrosaMotoGPFormula 1Sirkuit Red Bull Ring

Berita Terkini