x

5 Pembalap MotoGP Generasi Sekarang Dengan Catatan Lap Tercepat, Bagnaia Memprihatinkan

Rabu, 22 Februari 2023 00:29 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Francesco Bagnaia, pembalap MotoGP dari tim Ducati Lenovo (Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari)

FOOTBALL265.COM - MotoGP merupakan ajang balap motor paling bergengsi di dunia. Banyak fakta menarik, salah satunya 5 pembalap MotoGP yang punya catatan lap tercepat di generasi sekarang. 

MotoGP memang selalu menyuguhkan tontonan balap motor yang menarik untuk para penggemarnya di seluruh dunia. 

Baca Juga

Satu hal yang unik dari olahraga balap motor MotoGP adalah tidak melulu tentang memenangkan balapan.

Kualitas seorang pembalap di ajang MotoGP ini memang tidak perlu diragukan lagi. Jadi memenangkan balapan memang bukan prioritas untuk beberapa pembalap.

Misal, berhasil menaiki tangga podium juara dua atau ketiga di setiap balapan, untuk rider tertentu sudah menjadi sebuah pencapaian. 

Baca Juga

Selain itu, untuk pembalap hebat, tentu cukup sering meraih lap tercepat yang memang menjadi elemen penting dalam balapan. 

Mampu mencatat lap tercepat akan membuat persaingan di kelas premier ini menjadi sangat ketat ketika balapan sedang berlangsung. 

Sama seperti ketika mereka yang memenangkan balapan, meraih status lap tercepat juga tidak sembarangan didapat. 

Baca Juga

Banyak faktor yang mempengaruhi seorang pembalap untuk bisa mencatat lap tercepat. Mulai dari tim mekanik, pengaturan motor hingga kemampuan rider itu sendiri. 

Berikut INDOSPORT sudah rangkum dari generasi MotoGP sekarang, yang memiliki lap tercepat siapa saja. Simak selengkapnya di slide berikutnya.


1. 5. Johann Zarco

Pembalap tim Pramac Racing, Johann Zarco

Johann Zarco menjadi salah satu pembalap senior yang masih akan mengaspal pada MotoGP 2023 mendatang. Pembalap asal Prancis ini sudah berusia 32 tahun. 

Zarco turun balap di kelas para raja sejak 2017 dan telah mengemas 15 podium. Namun sayang, dia belum pernah sama sekali memenangkan balapan di MotoGP. 

Baca Juga

Untuk catatan lap tercepat pun, dia juga hanya mengantongi 9 kali dengan yang pertama terjadi pada MotoGP 2017 dan terakhir di musim 2022. 

4. Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia merupakan juara bertahan MotoGP 2022 yang akan dinantikan penampilannya di aspal panas di musim 2023 ini. Namun untuk catatan ini, dia sungguh memprihatinkan.

Debut sejak 2019 lalu di MotoGP, pembalap asal Italia ini sudah meraih 19 podium dengan catatan 11 kali memenangkan balapan. 

Baca Juga

Ketika menjadi juara MotoGP pertama kali, dari 20 race yang dilangsungkan tahun lalu, Bagnaia mampu mencatat 10 kali naik podium dengan 7 kali memenangkan balapan. .

Namun pembalap yang akrab disapa Pecco Bagnaia baru mencatat 9 kali lap tercepat sejak debutnya di MotoGP 2019 lalu. 

3. Maverick Vinales

Maverick Vinales adalah salah satu rider berpengalaman, yang akan kembali menguji kualitasnya di MotoGP 2023.

Baca Juga

Pindah dari Yamaha ke Aprilia terbukti membuahkan hasil positif pada musim 2021, dengan mendapat 2 podium dengan sekali memenangkan balapan. 

Namun untuk lap tercepat, pembalap asal Spanyol ini baru mencatat 10 kali sejak debutnya di MotoGP 2015 lalu. 


2. 2. Fabio Quartararo

Pembalap MotoGP Repsol Honda, Marc Marquez, saat menjalani tes sesi latihan bebas di Sirkuit Mandalika.

Fabio Quartararo memang masih cukup muda, tapi dia sudah dipandang sebagai pembalap berpengalaman di grid MotoGP.

Bahkan pembalap yang dijuluki El Diablo ini sudah mencicipi gelar juara dunia MotoGP pertamanya di musim 2021 bersama Tim Monster Energy Yamaha.

Pembalap asal Prancis yang masih berusia 23 tahun ini baru mencatat 13 lap tercepat sejak debutnya pada 2019 lalu. Tentu catatan tersebut masih bisa bertambah di musim ini. 

Baca Juga

1. Marc Marquez

Kita semua tahu Marc Marquez sudah dipandang sebagai legenda MotoGP yang masih akan ikut balapan di musim 2023. 

Pembalap asal Spanyol yang sudah mengantongi 8 gelar juara MotoGP ini sempat dirumorkan akan pensiun karena beberapa kali mengalami cedera parah.

Namun untuk catatan lap tercepat, para pembalap yang lebih muda darinya tampak harus berjuang keras untuk menyalip Marquez. Sampai sekarang, dia menjadi yang tertinggi dengan catatan 59 lap tercepat.

Marc MarquezMotoGPMaverick VinalesJohann ZarcoFabio QuartararoFrancesco BagnaiaMotoGP 2023

Berita Terkini