x

Bikin Penonton Nyaman, Pemerintah Pastikan Formula E Jakarta Aman Terkendali

Jumat, 19 Mei 2023 12:27 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Pemerintah memastikan bahwa ajang Formula E Jakarta atau Jakarta E-Prix dipastikan berlangsung aman.

FOOTBALL265.COM – Pemerintah memastikan bahwa ajang Formula E Jakarta atau Jakarta E-Prix dipastikan berlangsung aman.

Hal ini dipastikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia, yang akan turut serta mengamankan kejuaraan balap dunia yang berlangsung pada 3-4 Juni 2023 mendatang.

Brigadir Jendral Polisi Imam Margono selaku Direktur Perlindungan BNPT RI menyatakan bahwa sejumlah variabel keamanan di lokasi balap harus memenuhi syarat, serta memastikan variable keamanannya sudah terpenuhi.

Yakni salah satunya dengan bagaimana pihak penyelenggara harus dapat memastikan area perumahan yang berdekatan dengan sirkuit E-Prix ini aman dan steril dari ancaman dan gangguan keamanan.

"Variabel ini sangat menentukan hasil asesmen. Kita melihat pada sisi mana variabel ini belum terlaksana. Contoh, di samping arena ini ada perumahan,” ucap Imam.

Baca Juga

“Kita harus memastikan area perumahan itu aman. Di dalamnya siapa, apa yang mereka lakukan," tambahnya, dilansir dari Antara.

Selain itu dirinya juga mengatakan memastikan ajang balap internasional ini berlangsung aman, karena BNPT melakukan assesmen sesuai Peraturan BNPT Nomor 3 Tahun 2020.

Baca Juga

BNPT lebih lanjut menyatakan bakal memberikan evaluasi dan rekomendasi mengenai hal-hal yang harus dilakukan penyelenggara.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan lokasi ajang balap Formula E Jakarta dari segala potensi ancaman keamanan, terutama terkait teror.

Sehingga nantinya para penonton yang hadir untuk menyaksikan ajang Formula E Jakarta merasa aman dan nyaman.

Baca Juga

1. Lakukan Asesmen Sebelum Berlangsungnya Formula E Jakarta

Ilustrasi Formula E jadi di Jakarta.

Lebih lanjut Imam Margono mengatakan bahwa asesmen akan diberikan kepada pihak penyelenggara Formula E Jakarta.

"Asesmen ini akan kita sampaikan kepada pihak penyelenggara, tentunya disertakan dengan apa temuannya,” ucap Imam.

“Kemudian apa rekomendasinya, sehingga pihak penyelenggara jelas apa yang mereka harus lakukan," ujar jenderal polisi bintang satu ini.

Di sisi lain, Ivan C. Permana selaku Project Director Formula E Jakarta 2023 mengatakan pihaknya akan menerima masukan dari hasil asesmen BNPT RI.

Ivan mengaku yakin hasil evaluasi dan rekomendasi dari BNPT akan meningkatkan keamanan penyelenggaraan ajang balap internasional Formula E ini.

Baca Juga

"Harapannya pelaksanaan ini berjalan dengan lancar, dengan selamat dan sukses acaranya,” sambung Ivan.

“Terkait asesmen, tentunya kita akan melakukan perbaikan. Dari asesmen ini kita harap dapat meningkatkan keamanan," jelasnya lagi.

Di sisi lain, Ananda Mikola sebagai Ketua Komite Pelaksana Formula E Jakarta 2023 mengatakan bahwa kejuaraan tersebut siap menampung sebanyak 12 ribu penonton beserta harga tiketnya.

Baca Juga

"Pengunjung yang membeli tiket kategori grandstand akan menyaksikan balap Formula E di sembilan titik, yaitu 2A – 2I,” kata Ananda Mikola.

“Kategori grandstand dikenakan harga tiket Rp1 juta – 2,5 juta rupiah dengan kapasitas 12 ribu penonton," tambahnya, dilansir dari Antara.

Tiket Formula E Jakarta 2023 dijual pada situs jakartaeprix.goersapp.com. Tak hanya itu, para penonton yang hadir bakal disuguhi fasilitas hiburan menarik lainnya seperti live musik dari musisi ternama di Indonesia maupun internasional.

Baca Juga
Formula ElektronikFormula E

Berita Terkini