French Open Super Series 2017

Fajar/Rian Terhenti, Indonesia Tanpa Wakil Ganda Putra di Semifinal

Sabtu, 28 Oktober 2017 02:24 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di perempatfinal French Open 2017. Copyright: © Humas PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di perempatfinal French Open 2017.

Indonesia tak menyisakan wakil di sektor ganda putra French Open Super Series 2017 usai wakil yang tersisa, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, takluk dari Lee Jhe-huei/Lee Yang. Berlaga di Stade Pierre de Coubertin, Sabtu (28/10/17), wakil Indonesia kalah 11-21 dan 19-21 dalam waktu 32 menit.

Di set pertama, Fajar/Rian nyaris sama sekali tak dapat mengembangkan permainan mereka. Pukulan-pukulan kencang dan cepat yang menjadi senjata utama pasangan Taiwan tersebut sulit diantisipasi oleh ganda putra peringkat 18 dunia ini.

© Humas PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Copyright: Humas PBSIFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

“Kami bingung di game pertama, tipe main lawan kan keras, kami kurang mengantisipasi dan kurang siap. Mainnya malah lebih banyak no lob pendek, dan kami salah strategi,” tutur Fajar usai laga, dinukil dari rilis yang diterima INDOSPORT.

“Kami belum puas dengan penampilan kami hari ini. Walaupun kami ketinggalan dan menyusul, tetapi di poin kritis seharusnya bola-bola gampang malah nyangkut. Sebetulnya kami bermain lepas dan tidak ada beban,” jelas Rian.

Dengan hasil ini, tim Merah Putih tak menyisakan wakil lagi di ganda putra. Sebelumnya, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro tak dapat menahan laju pasangan muda asal China, He Jiting/Tan Qiang, keduanya dipaksa menyerah dua set langsung, 13-21, 16-21 di babak kedua.

Sementara ganda putra terbaik Tanah Air saat ini, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, mundur dari French Open 2017 karena Marcus mengalami cedera bahu kanan usai mengikuti Denmark Open Super Series Premier 2017 pekan lalu.