Hendra/Ahsan Hingga Greysia Polii Siap Ramaikan Kejurnas PBSI 2017

Senin, 27 November 2017 21:06 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Caption Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Caption

Kejuaraan bulutangkis tingkat nasional atau biasa dikenal dengan Kejurnas akan kembali diselenggarakan oleh PBSI pada 28 November hingga 2 Desember mendatang di GOR Sahabudin dan GOR Kacang Pedang,  Kepulauan Bangka Belitung.

Puluhan atlet Pelatnas PBSI dipastikan siap ambil bagian dalam kejuaraan tersebut tahunan tersebut. Namun nama-nama besar seperti Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dipastikan tidak bisa ambil bagian karena akan bertanding di Dubai World Super Series Finals 2017, Desember mendatang.

Begitu pula beberapa atlet yang turun di Korea Masters 2017 juga harus absen bertanding ke Kejurnas PBSI tahun ini. Akan tetapi, absennya beberapa atlet top Indonesia tersebut diyakini tidak akan terlalu menurunkan gengsi Kejurnas PBSI 2017 lantaran nama-nama familiar lain seperti Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan, Angga Pratama hingga Greysia Polii akan turut meramaikan turnamen yang menyediakan total hadiah sebesar 350 juta rupiah itu.

© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Caption Copyright: Ratno Prasetyo/INDOSPORTHendra/Ahsan

Di sisi lain, ada satu hal yang menjadi catatan dan membuat Kerjunas kali ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya adalah juara Kejurnas tahun ini tidak mutlak masuk ke Pelatnas PBSI, Cipayung. Namun hasil dari turnamen ini akan menjadi salah satu penilaian untuk program promosi dan degradasi.   

“Untuk tahun ini, kebijakan dari kami juara Kejurnas tidak mutlak dipastikan masuk ke Pelatnas. Karena masih ada sedikit kelemahan dari Kejurnas itu sendiri, yaitu adanya kuota. Tidak semua pemain yang dimiliki pengprov-pengprov itu bisa ikut karena kuota," ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti.

"Jadi kami ingin lebih bijak lagi dalam memutuskan. Tapi ini bisa menjadi salah satu penilaian untuk program promosi dan degradasi,” sambungnya.

© Wildan Hamdani/INDOSPORT
Susy Susanti saat memberikan pidato dalam jumpa pers. Copyright: Wildan Hamdani/INDOSPORTSusy Susanti saat memberikan pidato dalam jumpa pers.

"Kita mencari yang terbaik, sambil kita evaluasi. Kita lihat akan lihat seperti apa, masih punya potensi atau gak ke depannya. Kejurnas jadi ajang uji coba dan evaluasi, jadi yang dari Pelatnas juga diharapkan bisa lebih tough (berusaha keras)," imbuh Susy.

Sebagai informasi, Kejurnas PBSI 2017 akan memainkan kategori perorangan dan dibagi ke dalam dua divisi, yaitu divisi satu dan divisi dua. Setiap divisi kemudian akan dibagi menjadi dua kelompok usia, dewasa dan taruna. 
 

2