Juara Akita Masters, Firman Abdul Kholik Ingin Naik Kelas ke Turnamen Bergengsi

Minggu, 18 Agustus 2019 20:18 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© Humas PBSI
Firman Abdul Kholik Copyright: © Humas PBSI
Firman Abdul Kholik

FOOTBALL265.COM – Pebulutangkis Indonesia, Firman Abdul Kholik, ingin bersaing di turnamen yang lebih bergengsi usai berhasil menjuarai Akita Masters 2019 yang digelar di CNS Arena, Jepang, Minggu (18/08/19).

Firman Abdul Kholik akhirnya keluar sebagai juara tunggal putra di Akita Masters 2019 usai menundukkan wakil tuan rumah, Yu Igarashi di babak final dengan dua set langsung 21-18, 22 -20.

Firman yang pernah menjuarai Vietnam International Challenge 2019 itu mengatakan bahwa prestasi terbarunya itu menjadi hadiah untuk Indonesia yang tengah merayakan Hari Ulang Tahun ke-17.

Di suasana kemerdekaan ini, pasti ada rasa ingin mengggakan Indonesia. Saya merasa lebih yakini lagi mainnya, hadiah untuk Indonesia,” tutur Firman dilansir dari Badmintonindonesia.org.

Terlebih, torehannya di Akita Masters tersebut mendorong pemain binaan Mutiara Cardinal Bandung tersebut semakin percaya diri untuk bisa bersaing dan memrebut gelar juara di level yang lebih tinggi, yakni level Super 500 ke atas.

Menghadapi Yu Igarashi di final Akita Masters, Firman tampil baik dengan menjalankan strategi permainan yang cukup rapi. Dia bermain lebih sabar serta mampu mengantisipasi permainan reli yang memang ciri khas pemain Jepang.

“Saya dari awal coba untuk kontrol permainan lawan dan menyerang begitu dapat peluang. Pemain Jepang kan memang mainnya reli begitu, jadi sebisa mungkin saya sabar dulu dan tidak buru-buru mau menyerang, benar-benar menyerang kalau ada kesempatan," Firman menjelaskan.

Di game kedua, Firman sempat unggul jauh 19-16, namun Yu mampu mengejar skor hingga kedudukan imbang 20-20. Untungnya Firman langsung kembali fokus untuk memenangkan pertandingan.

Sayang sekali, torehan Firman gagal diikuti ganda putri Putri Syaikah/Nita Violina Marwah yang dikalahkan unggulan kedua, Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata (Jepang), dengan skor 17-21, 21-14, 15-21.