Profil Singkat Pasangan Inggris yang Hancurkan Wakil Indonesia di Thailand Masters 2020

Minggu, 26 Januari 2020 16:45 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Marcus Ellis/Lauren Smith, juara Thailand Masters 2020. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Marcus Ellis/Lauren Smith, juara Thailand Masters 2020.

FOOTBALL265.COM - Pasangan Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith sukses membuat gebrakan dengan meraih gelar di turnamen Thailand Masters 2020 setelah mengalahkan pasangan Indonesia.

Bermain di partai final Thailand Masters 2020, Minggu (26/01/20) di Indoor Huamark Stadium, Bangkok, Thailand, pasangan Ellis/Smith menang dalam pertandingan rubber game atas Hafiz Faizal/Gloria E. Widjaja.

Bertanding dalam waktu 64 menit, pasangan Ellis/Smith berhasil mengalahkan pasangan Hafiz/Gloria dengan skor 21-16, 13-21, 21-16 untuk meraih gelar perdana di tahun 2020 pada gelaran BWF World Tour Super 300.

Namun siapakah sebenarnya pasangan Marcus Ellis/Lauren Smith ini? Apa yang membuat mereka menjadi lebih spesial? Berikut INDOSPORT memberikan ulasan singkat mengenai keduanya:

Marcus Ellis

Marcus Ellis lahir pada 14 September 1989 di Huddersfield, Yorkshire Barat. Ia merupakan putra bungsu dari pasangan Sheila dan John Ellis dan memiliki seorang kakak laki-laki bernama James.

Ellis bermain bulutangkis untuk pertama kalinya saat ia berusia 7 tahun dimana ayahnya membawanya berlatih di Colne Valley Leisure Center di Slaithwaite.

Marcus Ellis diketahui sempat memiliki karier sebagai seorang penjaga gawang pada saat masih menempuh pendidikan sekolah menanga di klub Sepak Bola Huddersfield Town.

Namun ketika menginjak usia 17 tahun, Marcus Ellis memutuskan pindah dari Huddersfield agar bisa berlatih di Pusat Bulutangkis Nasional yang ada di Milton Keynes.

Marcus Ellis mengawali karier profesionalnya di sektor ganda yakni ganda putra dan campuran. Tahun 2014, ia memulai partnernya dengan Chris Langridge dan berhasil memenangkan gelar perdana mereka di Italia Open 2014.

Tahun 2016 menjadi tahun yang luar biasa bagi Marcus Ellis dan Chris Langridge setelah berhasil memenangkan medali perunggu di sektor ganda putra pada Olimpiade Rio 2016 meskipun hanya menempati ranking 22 dunia BWF.

Bersama Lauren Smith, Marcus Ellis juga berhasil meraih banyak gelar, namun di antara semua gelar tersebut gelar di European Games 2019 dengan meraih medali emas menjadi gelar terbaik dan kini gelar Thailand Masters 2020 menjadi gelar perdana mereka di tahun 2020.

Lauren Smith

Lauren Smith lahir di Carlisle, Cumbria, Inggris pada 26 September 1991. Sama seperti Marcus Ellis, Lauren Smith juga bermain rangkap.

Ia bahkan bermain di sektor ganda putri dan campuran pada saat mewakil Inggris di turnamen Commonwealth Games 2014 di mana pada turnamen tersebut, Lauren Smith berhasil memenangkan medali perunggu dan perak.

Tahun 2016, Lauren Smith berhasil mewakiliki Inggris bersama Marcus Ellis di ajang Olimpiade Rio 2016, tetapi sayang mereka tak berhasil memenangkan medali apapun di pesta olahraga dunia empat tahunan tersebut.

Tetapi di tahun 2019, Lauren Smith berhasil meraih medali emas bersama Marcus Ellis di Olimpiade Eropa setelah mengalahkan pasangan suami-istri, Chris Adcock/Gabrielle Adcock dengan skor 21-14, 21-9.