RA Kartini dan Susi Susanti Jadi Sorotan Media Asing

Minggu, 26 April 2020 17:04 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Dimas Ramadhan/Football265.com
Legenda bulutangkis Indonesia, Susi Susanti menjadi sorotan media asing sebab kegaumannya terhadap pelopor hak perempuan Indonesia, Raden Adjeng Kartini. Copyright: © Dimas Ramadhan/Football265.com
Legenda bulutangkis Indonesia, Susi Susanti menjadi sorotan media asing sebab kegaumannya terhadap pelopor hak perempuan Indonesia, Raden Adjeng Kartini.

FOOTBALL265.COM - Legenda bulutangkis Indonesia, Susi Susanti menjadi sorotan media asing sebab kegaumannya terhadap pelopor hak perempuan Indonesia, Raden Adjeng Kartini.

Susi Susanti merupakan pemain bulutangkis perempuan pertama di Indonesia yang mendapatkan gelar medali emas di ajang Olimpiade.

Perjuangannya sebagai perempuan dalam bidang bulutangkis ini tak lepas dari sosok legendaris perempuan Indonesia yakni RA Kartini.

Melalui keberanian dan perjuangan Kartini, saat dia mengatasi penindasan untuk menghadirkan kesetaraan gender dengan memprotes perkawinan paksa pada usia muda dan dengan menghancurkan sistem patriarki kolonial Belanda.

Peraih mendali emas tunggal putri Olimpiade Indonesia 1992 ini mengatakan bahwa pahlawan nasional Indonesia, RA Kartini lah menjadi motivasi dirinya untuk membuktikan bahwa ia bisa mendapat mendali emas di ajang internasional.

Kekaguman dari seorang Susi Susanti kepada Kartini ternyata menjadi sorotan beberapa media asing, terutama Badmintonplanet.com.

“Kartini telah menginspirasi saya. Saat ini, kami dapat memilih profesi aapun dan kami dapat mencapai apapun yang kami inginkan seperti pria,” kata Susi.

Selama waktunya menjadi pemain bulu tangkis wanita yang luar biasa itu tidak mudah. Butuh banyak kerja keras dan perjuangan, meskipun pada akhirnya ia mampu mencapai hasil yang benar-benar luar biasa di bulutangkis.

Sampai saat ini Susi Susanti bersyukur bahwa perempuan Indonesia bisa melakukan apa saja demi menjalani kehidupan dan menekuni bidang apapun yang mereka sukai.

Pada Olimpiade Barcelona 1992, dirinya bersama kekasihnya saat itu, Alan Budikusuma telah memenangkan medali tunggal putri dan tunggal putra. Itu merupakan capaian yang luar biasa bagi Susi dan masyarakat Indonesia.

Saat ini, Susi Susanti mendedikasikan dirinya kedalam bidang olahraga bulutangkis menjadi kepala bidang prestasi di Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).