Banyak Pemain Malaysia Cedera, BAM Melihat Satu Hal Positif

Minggu, 16 Agustus 2020 10:25 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Indra Citra Sena
© theStar
Direktur Pelatihan Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Wong Choong Hann melihat satu hal positif dibalik banyaknya pemain bulutangkis Malaysia yang cedera. Copyright: © theStar
Direktur Pelatihan Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Wong Choong Hann melihat satu hal positif dibalik banyaknya pemain bulutangkis Malaysia yang cedera.

FOOTBALL265.COM - Direktur Pelatihan Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Wong Choong Hann, melihat satu hal positif di balik banyaknya pemain bulutangkis Malaysia yang terpapar cedera dalam turnamen bulutangkis internal.

Dalam turnamen bulutangkis internal yang digelar oleh BAM pada 11-16 Agustusi, sejumlah pebulutangkis Malaysia mengalami cedera yang mengakibatkan mereka tidak bisa melanjutkan turnamen.

Dimulai dari pebulutangkis ganda campuran Goh Soon Huat yang mengalami cedera punggung dan terpaksa harus mundur dan menjalani pemulihan, hingga akhirnya pebulutangkis tunggal putra lainnya seperti Lee Zii Jia, Soong Joo Ven sampai Daren Liew.

Direktur Pelatihan BAM, Wong Choong Hann menyebut bahwa cedera yang dialami tunggal putra nomor 1 Malaysia, Lee Zii Jia tidak begitu serius. Dia berharap pebulutangkis berusia 22 tahun tersebut bisa segera pulih dan kembali berlatih.

"Zii Jia memiliki otot punggung bawah yang tertarik, dan dia telah diberitahu fisioterapis saya untuk tidak ikut serta dalam kompetisi ini," ujar Choong Hann dikutip dari media News Straits Times.

"Dia mencoba meregangkannya sebelum pertandingan, tapi dia tidak bisa membungkuk. Namun, ini bukan cedera serius, dan kami berharap dia pulih dan kembali ke latihan setelah ini," cetusnya.

Selain itu, Direktur Pelatihan BAM juga melihat satu hal positif dari badai cedera pemain Malaysia, yaitu ia terkejut dengan performa yang ditampilkan oleh para pemain junior.

"Tentu saja, cedera bukanlah sesuatu yang kami inginkan, tetapi secara keseluruhan, saya telah melihat hal-hal positif selama beberapa hari terakhir," tambahnya.

"Yang pertama adalah bahwa junior kami benar-benar melawan para senior. Mereka menunjukkan semangat yang baik di lapangan dan telah bermain dengan baik," lanjutnya.

Diakui oleh Direktur Pelatihan BAM, Wong Choong Hann meskipun para pemain junior Malaysia mengalami kekalahan di turnamen internal, tetapi ia melihat perkembangan mereka sangat baik. Hal itu akan sangat bagus untuk pemain-pemain senior seperti Lee Zii Jia dan Cheam June Wei.

"Para junior, meski kalah, tetap pergi ke sana dan lapar serta bersiap untuk mendorong para senior. Sungguh perkembangan bagus karena kami dapat melihat siapa yang berpotensi untuk maju dan melangkah lebih jauh," tuturnya.

“Selain itu, ini juga merupakan tantangan yang bagus untuk senior kami seperti Zii Jia dan June Wei karena hal itu menguatkan mental mereka," pungkasnya.

Pada hari ini, BAM akan menggelar final turnamen bulutangkis internal mereka dalam rangka persiapan menuju Piala Thomas 2020 yang akan digelar di Denmark pada 3-11 Oktober mendatang.