Jadwal Wimbledon 2021: Ash Barty Ukir Sejarah, Djokovic Lawan Kuda Hitam

Jumat, 9 Juli 2021 15:36 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© VCG/VCG via Getty Images
Petenis asal Australia, Ashleigh Barty, melaju ke final Wimbledon 2021. Copyright: © VCG/VCG via Getty Images
Petenis asal Australia, Ashleigh Barty, melaju ke final Wimbledon 2021.

FOOTBALL265.COM - Turnamen Grand Slam Wimbledon 2021 sudah memasuki fase penting jelang partai puncak penentuan juara, di mana Ashleigh Barty sukses melaju ke final.

Hasil ini sebenarnya bukan di luar dugaan, mengingat ia memang berstatus unggulan pertama di turnamen ini. Namun yang membuat spesial adalah catatan kemenangannya yang ternyata mengukir sejarah.

Ia berhasil mencapai final Wimbledon pertamanya dan kali keduanya di ajang Grand Slam, dengan kemenangan 6-3, 7-6(3) atas juara edisi 2018 dan unggulan ke-25, Angelique Kerber, dalam waktu 1 jam 26 menit.

Ashleigh Barty sempat tertinggal 3-5 di set kedua, namun ia berhasil bangkit dan mebalikkan kedudukan. Petenis asal Australia itu pun tidak dapat menyembunyikan rasa kebahagiaannya bisa menang dari Kerber.

“Momen yang melegakan dan benar-benar menggembirakan. Saya tidak tahu, bahwa pada akhirnya bisa merasakan ini semua,” demikian ucap sang petenis selepas laga, seperti diwartakan laman resmi WTA.

“Saya rasa, mendapat kesempatan bermain di final Wimbledon itu sangatlah luar biasa,” ucap juara Roland-Garros 2019 tersebut.

Dengan hasil ini, Barty berhak melaju ke partai puncak dan akan menghadapi Karolina Pliskova, petenis unggulan ke-8 asal Ceko, yang baru saja mengalahkan unggulan ke-2, Aryna Sabalenka, 5-7, 6-4, 6-4.

Melaju ke final tunggal putri Wimbledon 2021, Barty bukan hanya menciptakan sejarah untuk dirinya saja, melainkan untuk negaranya, Australia.

Menurut catatan, ia adalah petenis dari Negeri Kanguru pertama yang berhasil mencapai final Wimbledon setelah Evonne Goolagong Cawley pada tahun 1971. Ya, itu artinya Barty memecahkan rekor berumur 41 tahun.

Ashleigh Barty menjelma harta karun Australia di sektor tenis, terlebih setelah memenangkan Prancis Terbuka 2019. Akan tetapi, seluruh kesuksesan yang diraihnya tidak lepas dari tangan-tangan hebat yang sudah ikut membantu.

“Sangat bangga dengan diri sendiri dan juga tim saya. Sekarang kami punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi masa kecil kami,” ucap Barty lagi.

Final tunggal putri antara Ashleigh Barty vs Karolina Pliskova akan digelar pada hari Sabtu (10/07/21). Siapakah yang akan berjaya?