22 Tahun Jadi WN Belanda, Pebulutangkis Mia Audina Ngaku Kangen Pempek

Rabu, 6 Oktober 2021 20:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Doug Pensinger/Getty Images
Mia Audina, pebulutangkis Indonesia yang 'berkhianat' dengan membela Belanda Copyright: © Doug Pensinger/Getty Images
Mia Audina, pebulutangkis Indonesia yang 'berkhianat' dengan membela Belanda

FOOTBALL265.COM - Sudah 22 tahun pindah ke Belanda, pebulutangkis legendaris asal Indonesia, Mia Audina mengaku kangen kuliner Indonesia, khususnya pempek.

Membahas sosok Mia Audina, tak lengkap jika tak menyebut prestasi besarnya untuk Indonesia. Mia pernah meraih medali perak tunggal putri di Olimpiade Atlanta 1996.

Mia Audina juga meraih medali emas Uber Cup 1994. Kala itu, Mia yang masih berusia 14 tahun, harus jadi penentu saat Indonesia bermain imbang 2-2 atas China di final.

Mia Audina pun menghadapi pebulutangkis senior asal China, Zhang Ning. Menang di game pertama, Mia dipaksa tunduk di game kedua, dan akhirnya menang di fase rubber.

Namun, kisah manis itu akhirnya ditutup di tahun 1999, ketika Mia Audina memutuskan pindah ke Belanda, termasuk berpindah kewarganegaraan mengikuti sang suami.

Selama di Belanda, Mia Audina kembali aktif bermain bulutangkis, bahkan 'Si Anak Ajaib' kembali menyabet medali perak Olimpiade Athena 2004, konsistensi yang luar biasa.

Mia Audina akhirnya memutuskan gantung raket pada tahun 2006. Setelah tak lagi aktif bermain bulutangkis, Mia mengaku menikmati jadwalnya yang tak lagi padat.