Kabar Terbaru Ma Jin, Pebulutangkis Cantik China Penjegal Owi/Butet di Olimpiade

Sabtu, 6 November 2021 12:20 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

FOOTBALL265.COM - Mendengar nama pebulutangkis China, Ma Jin, tentu mengingatkan kita soal rivalitasnya dengan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir beberapa tahun lalu.

Ma Jin yang berpasangan dengan Xu Chen memang kerap menjadi momok bagi pasangan Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Dari 19 kali pertemuan, Xu/Ma memenangi 10 kali, sementara Owi/Butet menang 9 kali sisanya.

Kekalahan menyakitkan Owi/Butet dari Xu/Ma yang paling banyak diingat pencinta bulutangkis Indonesia terjadi pada Olimpiade London 2012.

Kala itu, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang sedang naik daun justru terhenti di babak semifnal setelah dikalahkan Xu Chen/Ma Jin, dengan skor 23–16, 18–21, 13–21.

Gagal mencapai final Olimpiade 2012 setelah dikalahkan Xu/Ma seakan membuat kepercayaan diri Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menurun. Mereka kembali kalah dalam perebutan medali perunggu pasangan Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen, dengan skor 12-21 dan 12-21.

Akan tetapi, Tontowi/Liliyana sukses membalaskan dendam ke Xu/Ma pada final Kejuaraan Dunia 2013. Peraih emas Olimpiade 2016 itu mengalahkan Xu/Ma dalam rubber game 21-13, 16-21, dan 22-20.

Kini, kedua pasangan tersebut sudah pensiun sebagai pebulutangkis. Ma Jin memutuskan pensiun dari ajang internasional beberapa bulan setelah Olimpiade 2016.

"Saya telah banyak melalui pertandingan hebat yang akan saya ingat dan saya tahu para penggemar juga akan mengingatnya," ujar Ma Jin.

"Saya bersyukur mendapatkan banyak hal dari bulutangkis, terutama pertemanan. Saya sangat menghargai semua lawan saya dan saya mengirimkan cinta saya untuk semua pemain yang telah saya temui," imbuh pebulutangkis yang kini berusia 33 tahun tersebut.