Pebulutangkis Malaysia Keluhkan Biaya Hidup yang Tinggi selama di Bali

Selasa, 16 November 2021 21:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Shi Tang/Getty Images
Shevon Lai Jemie (depan), pebulutangkis asal Malaysia. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Shevon Lai Jemie (depan), pebulutangkis asal Malaysia.

FOOTBALL265.COM – Tinggal di Bali selama tiga pekan menjalani serangkaian turnamen Indonesia Badminton Festival membuat pebulutangkis independen Malaysia kesulitan. Biaya hidup yang tinggi salah satunya.

Keluhan terkait tingginya biaya hidup selama menjalani turnamen di Bali dilontarkan oleh mantan pebulutangkis nasional Malaysia, Lai Shevon.

Bila dihitung-hitung, para pebulutangkis independen harus merogoh kocek sekitar 18 ribu RM atau setara Rp61,5 juta untuk biaya hidup selama dua setengah pekan di Pulau Dewa.

“Kami tidak benar-benar mengeluh karena memang begitu adanya,” kata pemain ganda campuran peringkat 13 dunia, yang berpasangan dengan Goh Soon Huat, dilansir dari NST.

“Covid-19 jelas membuat hidup lebih sulit bagi pemain independen yang tidak memiliki anggaran besar,” lanjutnya.

Lai Shevon sejatinya tidak bermaksud mengeluhkan mahalnya biaya selama tinggal di hotel yang telah ditentukan panitia penyelenggara. Sebab, hal ini sudah sesuai dengan protokol kesehatan.

Meski begitu, Shevon tetap mengapresiasi upaya Indonesia membuat seluruh peserta turnamen nyaman selama berada dalam gelembung.

“Saya tahu penyelenggara bermaksud baik dan hanya menginginkan yang terbaik untuk kita dengan menjaga kita semua di bawah satu atap di hotel resmi. Tapi itu terlalu mahal,” sambung Lai Shevon.

“Biasanya kita bisa memilih hotel kita, tapi dengan Covid-19 kita tidak punya pilihan. Makanan dan laundry mahal, begitu juga jika kita ingin mengistirahatkan raket kita.

“Namun, Bali sejauh ini luar biasa. Semuanya di sini adalah yang terbaik,” tambah Shevon.

Shevon dan Soon Huat dijadwalkan akan mengawali perjalanan mereka di Indonesia Masters dengan menghadapi pasangan Jerman, Mark Lamfuss/Isabel Herttrich pada Rabu (17/11/21) besok.