Hengkang dari Pelatnas Malaysia, Lee Zii Jia Ungkap Sulitnya Jadi Pemain Independen

Kamis, 31 Maret 2022 16:25 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Naomi Baker/Getty Images
Tunggal putra ranking 7 dunia, Lee Zii Jia, ungkap kesulitan jadi pemain independen usai keputusannya hengkang dari Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM). Copyright: © Naomi Baker/Getty Images
Tunggal putra ranking 7 dunia, Lee Zii Jia, ungkap kesulitan jadi pemain independen usai keputusannya hengkang dari Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

FOOTBALL265.COM – Tunggal putra ranking 7 dunia, Lee Zii Jia, ungkap sulitnya jadi pemain independen usai keputusannya hengkang dari Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

Perlu diketahui, Lee Zii Jia pernah terlibat polemik dengan BAM. Hal itu diawali dari keputusannya keluar dari pelatnas Malaysia yang memicu pemberian sanksi larangan bertanding selama 2 tahun.

Sanksi yang diberikan juga didasarkan dengan isi perjanjian yang melarang pemain di bawah usia 29 tahun untuk keluar dari BAM kecuali karena kondisi tertentu.

Kasus itu ramai diperbincangkan di media massa pada Januari 2022 lalu, sebelum akhirnya sanksi  dicabut usai banding Lee Zii Jia disetujui oleh BAM atas campur tangan dari berbagai pihak.

Saat masalahnya selesai, Lee Zii Jia bertekad memberikan yang terbaik untuk BAM melalui performa maksimal sebagai pemain jalur independen.

Lee Zii Jia bahkan membentuk tim professional di dalam timnya untuk misi besarnya meraih medali di Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Tak lain adalah mendatangkan pelatih asal Indonesia, Indra Wijaya, yang baru saja hengkang sebagai pelatih sektor tunggal putri di pelatnas BAM.

juara All England 2020 itu juga mengumumkan peran penting Liew Daren yang akan menjadi asisten pelatih dan sparring partner untuk Lee Zii Jia.

Beberapa lama setelah berkarier di jalur independen, Lee Zii Jia sukses mengantarkan tim putra Malaysia menjuarai Badminton Asia Team Championship 2022. Namun, dia belum juara di turnamen bulutangkis individu.

Bahkan dia gagal total dalam mempertahankan gelar di All England 2022. Baru-baru ini, Lee Zii Jia berbagi cerita tentang kesulitan yang dia alami sebagai pemain independen.