Absen di Kejuaraan Dunia 2022, Ganda Inggris Dukung Indonesia Terjang Kutukan Besar

Minggu, 21 Agustus 2022 22:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Lauren Smith percaya jika Indonesia bisa patahkan dominasi China sekaligus pecah telur di sektor ganda putri Kejuaraan Dunia 2022. Foto: wikipedia Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Lauren Smith percaya jika Indonesia bisa patahkan dominasi China sekaligus pecah telur di sektor ganda putri Kejuaraan Dunia 2022. Foto: wikipedia

FOOTBALL265.COM - Pebulutangkis asal Inggris, Lauren Smith, tidak bisa mengikuti ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 mendatang namun setidaknya ia masih bersemangat untuk menyaksikan.

Terutama karena ia mendukung Indonesia di nomor ganda putri untuk menang dan mempatahkan kemustahilan.

Sejak lama sektor ganda putri memang bukan kekuatan Merah-Putih di kompetisi internasional terutama Kejuaraan Dunia.

Sepanjang sejarah ajang tersebut, Indonesia paling banter hanya bisa memenangkan dua perak dan perunggu tanpa sekalipun menggengam emas.

Statistik menunjukkan jika hanya ada empat negara yang pernah jadi juara di ganda putri yakni Jepang, Korea Selatan, dan Inggris.

China jadi yang paling mendominasi dengan 21 podium tertinggi termasuk kala mencatatkan rekor tidak terkalahkan di 14 edisi sekaligus sejak 1997 hingga 2017.

Smith yang merupakan atlet ganda putri dan ganda campuran percaya jika di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 monopoli China bisa diganggu oleh pesaing lain.

Indonesia hanya mengirim dua pasangan yakni Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto dan keduanya bukan unggulan.

Seharusnya Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga bisa ikut serta ke Jepang, namun nama pertama telah memutuskan untuk gantung raket alias pensiun beberapa waktu lalu.

"Saya yakin bakal ada perubahan (juara) tahun ini dengan adanya pasangan dari Indonesia yang brilian," sebut Lauren Smith dalam kolom komentar komentator Instagram Gill Clark yang membagikan statistik ganda putri di kejurdun.