In-depth

Breaking News! Tokoh Bulutangkis Justian Suhandinata Meninggal Dunia

Sabtu, 5 November 2022 10:36 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Broto Happy/PBSI
Justian Suhandinata (paling kiri) berpose bersama Piala Suhandinata. Copyright: © Broto Happy/PBSI
Justian Suhandinata (paling kiri) berpose bersama Piala Suhandinata.

FOOTBALL265.COM - Kabar duka dari dunia olahraga. Tokoh bulutangkis Indonesia, Justian Suhandinata meninggal dunia di Bangkok, Thailand, Jumat (4/11/22) malam.

Tokoh bulutangkis Justian Suhandinata meninggal dunia dalam usia 75 tahun di Rumah Sakit Bumrungrad, Bangkok, Thailand, Jumat malam, pukul 21.25 WIB. 

Sosok kelahiran Bandung, 20 November 1946 ini sebelumnya sudah dirawat di RS untuk perawatan tulang belakang akibat terjatuh, yang membuatnya tak bisa jalan.

Setelah mendapat perawatan, Justian bisa berjalan kembali meski harus memakai alat pembantu. Namun, pada tanggal 5 Oktober 2022, Justian terkena stroke dan dirawat di rumah sakit tersebut hingga ia berpulang. 

Meninggalnya Justian dikonfirmasi oleh Juniarto Suhandinata, adik dari Justian.

"Benar Pak Justian meninggal dunia di Rumah Sakit Bumrungrad, Bangkok, Thailand, sekitar pukul 21.25 WIB akibat sakit stroke. Mohon doanya," kata Juniarto.

Justian meninggalkan sang istri, Poppy Tumengkol, mantan pemain Tim Uber Indonesia 1969 dan 1972. Ia juga harus meninggalkan empat anak dan tujuh cucu.

Justian Suhandinata merupakan Ketua Umum PB Tangkas Jakarta. Berbagai prestasi kelas dunia berhasil diraih oleh anak-anak didiknya sejak dulu hingga kini.

Diantaranya adalah medali emas Olimpiade Atlanta 1996 lewat Ricky Soebagdja/Rexy Mainaky, 10 gelar juara dunia, 9 juara All England, serta 10 medali emas Asian Games, terakhir lewat persembahan Jonatan Christie di Jakarta 2018. 

Atas dedikasinya untuk bulutangkis dunia, Justian memperoleh gelar kehormatan, ia satu-satunya orang Indonesia yang meraih penghargaan Honorary Life Vice President dari BWF, pada tanggal 20 Mei 2017 lalu.