Deretan Pebulutangkis Ini Nyambi Jadi Pelatih, Terbaru ‘Sahabat’ Marcus Gideon asal Hong Kong

Senin, 19 Desember 2022 15:19 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Shi Tang/Getty Images
Sejumah pebulutangkis ini pernah menjajal jadi pelatih. Terbaru, adalah sahabat Marcus Fernaldi Gideon  asal Hong Kong, Wong Wing Ki Vincent. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Sejumah pebulutangkis ini pernah menjajal jadi pelatih. Terbaru, adalah sahabat Marcus Fernaldi Gideon asal Hong Kong, Wong Wing Ki Vincent.

FOOTBALL265.COM - Sejumlah pebulutangkis rupanya pernah menjajal sambilan sebagai pelatih di luar karier profesional mereka. Terbaru, adalah sahabat Marcus Fernaldi Gideon  asal Hong Kong, Wong Wing Ki Vincent.

Melansir laman BWF Badminton, Wong Wing Ki Vincent diketahui memang belum menyatakan pensiun sebagai pebulutangkis.

Bahkan, tunggal putra berusia 32 tahun tersebut masih terdaftar atlet pelatnas Hong Kong seperti Lee Cheuk Yiu dan Ng Ka Long Angus.

Namun dia berani ambil langkah baru sebagai pelatih. Wong Wing Ki Vincent membangun WWK Club, yang menjadi wadah 60 pebulutangkis amatir berlatih serius di dunia tepok bulu.

Wong Wing Ki Vincent sendiri memang dibesarkan di Hong Kong. Namun tidak ada yang menyangka bahwa dirinya terlahir dari kedua orang tua asli Indonesia.

Vincent pernah menimba ilmu bulutangkis di Indonesia. Bahkan, dirinya pernah dilatih eks pelatih Taufik Hidayat, Mulyo Handoyo, dan Tan Hsen Hu yang dulu pernah memoles legenda China, Lin Dan.

Bukan hanya itu saja, kedua orang tua Vincent memiliki kedekatan khusus dengan orang tua Marcus Fernaldi Gideon yang jadi andalan ganda putra Indonesia.

“Saya berlatih dengan pelatih yang melatih Taufik (Hidayat) dan pelatih yang melatih Marcus Fernaldi. Orang tua saya dekat dengan orang tuanya (Marcus). Ayah saya dekat dengan pelatih Lin Dan, Tang Hsien Hu, dia yang paling menginspirasi saya,” ujar Vincent.

Berbekat latihan dengan berbagai pelatih legendaris di tiga negara, Vincent pun ingin membagikan ilmu yang diperolehnya   di klub yang dibangunnya tersebut.

Keinginan kuatnya untuk berbagi ilmu bulutangkis membuat Vincent sempat diundang raja bulutangkis Viktor Axelsen ke Kanada. Vincent tidak hanya berlatih bersama Axelsen namun juga memberikan coaching clinic untuk pebulutangkis muda di Kanada.

Nah, selain Vincent, ternyata ada beberapa pebulutangkis lain yang mulai coba-coba merambah sebagai pelatih. Bahkan, ada satu pemain yang sukses antarkan India juara Piala Thomas, siapakah dia?