Baru Pecah Rekor di Malaysia, Eks Rival Tontowi/Liliyana Langsung Alih Profesi jadi Pelatih?

Senin, 27 Februari 2023 17:25 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis Ganda Campuran Malaysia, Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis Ganda Campuran Malaysia, Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying.

FOOTBALL265.COM - Eks rival Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir langsung mengambil peran baru usai putuskan pensiun sekaligus pecah rekor di Malaysia.

Goh Liu Ying merupakan mantan pemain ganda campuran andalan Malaysia, yang memiliki segudang prestasi salah satunya meraih medali perak bersama Chan Peng Soon pada Olimpiade Rio 2016.

Setelah belasan tahun berkecimpung sebagai pemain bulutangkis profesional, Goh Liu Ying akhirnya memutuskan pensiun pada 14 Januari 2023 kemarin.

Meski demikian, pasca memutuskan pensiun tak lama pemain yang kerap disebut sebagai bidadari bulutangkis Malaysia itu menjadi atensi.

Bagaimana tidak, Goh Liu Ying resmi mendapatkan penghargaan dari Malaysia Book of Records (MBOR) karena menjadi peraih medali pertama atlet wanita Malaysia di turnamen Olimpiade, meski kalah dari Tontowi/Liliyana.

"Terima kasih atas kontribusi Anda! Semua warga Malaysia bangga bisa menyebut Anda sebagai warga negaranya dan telah membawa kejayaan bagi bangsa kami," tulis MBOR.

Kala itu Goh Liu Ying juga sempat melelang jersey yang dikenakannya saat Olimpiade Tokyo 2020 yang terjual senilai RM6000 atau setara Rp20 juta yang disumbangkan ke badan amal.

Setelah menggemparkan jagat bulutangkis nasional, Goh Liu Ying juga mengumumkan dirinya masih berkarier di dunia tepok bulu.

Namun ia tak lagi menjadi pemain profesional, melainkan banting stir dengan menggelar Turnamen Bulutangkis GLY 3v3 pada akhir pekan lalu.

Goh Liu Ying selaku eks rival Tontowi/Liliyana pun mengungkapkan dirinya bisa menggelar sejumlah turnamen yang baru dibuka di masa depan.