Absen di Piala Sudirman, Hendra Setiawan Gagal Ikuti Jejak Susy Susanti

Kamis, 13 April 2023 12:47 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Hendra Setiawan gagal mengikuti jejak legend Indonesia, Susy Susanty, setelah dipastikan tidak masuk ke skuad Indonesia untuk Piala Sudirman 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Hendra Setiawan gagal mengikuti jejak legend Indonesia, Susy Susanty, setelah dipastikan tidak masuk ke skuad Indonesia untuk Piala Sudirman 2023. (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM – Hendra Setiawan gagal mengikuti jejak legend Indonesia, Susy Susanty, setelah dipastikan tidak masuk ke skuad Indonesia untuk Piala Sudirman 2023.

Untuk pertama kalinya dalam 17 tahun sejak debutnya, Hendra Setiawan tidak memperkuat sektor gada putra di ajang yang memperebutkan supremasi beregu campuran se-dunia.

Seperti diketahui, PP PBSI merilis daftar skuad Indonesia di Piala Sudirman 2023 yang berlangsung di Suzhou, China, pada 14-21 Mei 2023 itu.

Terdapat total 20 atlet yang terdiri dari 12 pemain putra dan delapan pemain putri. Terdapat masing-masing tiga pasang ganda putra dan ganda campuran yang diturunkan.

Di nomor ganda putra, untuk pertama kalinya pasangan veteran Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan tidak diikutsertakan.

Hal tersebut sudah dikonfirmasi dewan BWF, Bambang Rudyanto, bahwa Hendra/Ahsan hanya akan fokus ke turnamen individu sehingga akan melewatkan turnamen beregu.

Adapun tiga wakil yang diturunkan yakni pasangan nomor satu dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, kemudian ada Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Bagi Hendra Setiawan, dengan dirinya tidak masuk ke skuad Sudirman Cup, artinya menutup peluang menjadikan dirinya pemain putra Indonesia dengan torehan prestisius paling lengkap.

Ya. Pebulu tangkis 38 tahun tersebut memang mengoleksi banyak medali, dengan berhasil membabat habis turnamen beregu hingga kejuaraan bergengsi.

Rinciannya, emas Olimpiade Beijing, 4 kali emas Kejuaraan Dunia, emas Piala Dunia, emas Piala Thomas, 2 kali emas Asian Games, 2 kali emas Badminton Asia Championships, 3 emas Badminton Asia Team Championships hingga 8 emas SEA Games.