Kei Nakajima: Raja Bulutangkis China yang Berganti Nama, Kini Eksis Jadi Pelatih Jepang

Minggu, 30 April 2023 06:00 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© BEN STANSALL/AFP/Getty Images
Mengubah identitas sebagai Kei Nakajima, mari menyimak perjalanan karier raja bulutangkis China, Ding Qiqing, yang kini eksis jadi pelatih ganda putri Jepang. Copyright: © BEN STANSALL/AFP/Getty Images
Mengubah identitas sebagai Kei Nakajima, mari menyimak perjalanan karier raja bulutangkis China, Ding Qiqing, yang kini eksis jadi pelatih ganda putri Jepang.

FOOTBALL265.COM – Mengubah identitas sebagai Kei Nakajima, mari menyimak perjalanan karier raja bulutangkis China, Ding Qiqing, yang kini eksis jadi pelatih ganda putri Jepang.

Kei Nakajima untuk bulutangkis era saat ini memang dikenal sebagai salah satu pelatih ganda putri Jepang yang memiliki kekuatan paling mengerikan di dunia.

Sudah tak terhitung betapa berharganya kontribusi seorang Kei Nakajima dalam membangkitkan kekuatan sektor ganda putri dalam beberapa waktu belakangan ini.

Kei Nakajima membantu kesuksesan ganda putri Jepang, Mizuki Fuji/Reika Kakiiwa, saat meraih medali perak Olimpiade 2012 di London.

Catatan ini menjadi sejarah bagi Jepang yang belum pernah menyabet medali sebelumnya dari sektor ganda putri di ajang Olimpiade.

Kei Nakajima juga menjadi salah satu orang paling berjasa kala mengantarkan ganda putri Jepang lainnya, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, menyabet emas Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

Nama-nama lain lahir dari racikannya, dari Yuki Fukushima/Sayaka Hirota hingga Shiho Tanaka/Koharu Yunemoto yang pada akhirnya membantu Jpeang memenangkan Piala Uber 2018.

Beberapa waktu lalu Kei Nakajima pernah mengumbar kunci keberhasilannya saat melatih ganda putri bulutangkis Jepang.

“Saya tidak akan memaksa mereka untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang tidak disuka. Seperti jatuh cinta, biarkan mereka bermain dengan bebas,” ujarnya kepada Sports China.

Namun tahukah di balik eksistensinya sebagai pelatih ganda putri Jepang, Kei Nakajima dulunya adalah raja bulutangkis China dengan nama asli Ding Qiqing. Dia adalah mantan partner legenda Li Yongbo.