Tembus Final BAC, Antony Ginting Selangkah Lagi Akhiri Kutukan 'Manusia Perunggu'

Minggu, 30 April 2023 11:07 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM – Memastikan melaju ke final Badminton Asia Championships (BAC) 2023, tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, berpeluang mengakhiri kutukan ‘Manusia Perunggu’.

Kutukan ‘Manusia Perunggu’ yang disandang Anthony Sinisuka Ginting ini disematkan oleh salah satu penggemar bulutangkis (BL) lewat akunnya @marcellktsr di Twitter, Sabtu (29/04/23).

Seperti diketahui, Ginting untuk pertama kali dari tiga kesempatan melaju ke babak final Badminton Asia Championships usai menyingkirkan Kanta Tsuneyama di laga semifinal, Sabtu (29/30/23).

Bertanding di Dubai, Ginting mampu menunjukkan performa terbaiknya dan menang dua gim langsung 21-13, 21-16 atas Tsuneyama.

Kemenangan ini turut memperbaiki skor pertemuannya kontra tunggal putra asal Jepang tersebut menjadi 3-3.

Selain itu, @marcellktsr dalam cuitannya menyebut , tiket ke final BAC 2023 memupuskan kekhawatiran para BL pada Ginting yang seelalu meraih medali perunggu di kejuaraan bergengsi.

Anthony Ginting memang terbilang sangat akrab dengan medali perunggu di event individu. Perunggu pertama dia dapatkan saat bertanding di BWF World Junipr Championships di Alor Setar pada 2014.

Ginting kembali meraih perunggu di kejuaraan bergengsi pada tahun yang sama, tepatnya di ajang Youth Olumpic Games atau Olimpiade Junior di Nanjing.

Kutukan ‘Manusia Perunggu’ pada Ginting berlanjut saat dirinya hanya puas dengan medali juara ketiga tersebut di ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Ginting juga masih belum mampu melepaskan status tersebut saat berdiri di podium Olimpiade Tokyo 2020 pada 2021 sebagai juara ketiga, di samping Cheng Long (Perak) dan Viktor Axelsen (emas).

Kini Anthony Sinisuka Ginting memiliki kesempatan untuk menyempurnakan hilangnya kutukan ‘Manusia Perunggu’ saat menghadapi Loh Kean Yew di final Badminton Asia Championships 2023.