Ditinggal Pensiun Chen Long dan Rival Minions, China Gelar Seremonial Mewah di Piala Sudirman

Sabtu, 13 Mei 2023 15:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Lintao Zhang/Getty Images.
China akan menggelar seremonial mewah di Piala Sudirman 2023 untuk Chen Long dan tiga pebulutangkis lain yang resmi gantung raket. Copyright: © Lintao Zhang/Getty Images.
China akan menggelar seremonial mewah di Piala Sudirman 2023 untuk Chen Long dan tiga pebulutangkis lain yang resmi gantung raket.

FOOTBALL265.COM - China akan menggelar seremonial mewah di Piala Sudirman 2023 untuk Chen Long dan tiga pebulutangkis lain yang resmi gantung raket.

Kabar ini diungkapkan oleh admin akun media sosial Badminton World Federation (BWF) melalui akun pribadinya di Twitter, @zongyenyen pada Sabtu (13/5/23).

Admin BWF tersebut menulis China akan menggelar seremonial pensiun empat pemain. Yakni, Chen Long, Zhang Nan, Li Junhui dan Li Yinhui.

“Akan ada upacara pensiun untuk empat pemain. Kalau tidak salah, saya rasa mereka adalah Chen Long, Zhang Nan, Li Junhui dan Li Yinhui. Saya menantikannya,” tulis akun @zongyenyen.

Belum diketahui kapan tepatnya acara seremonial ini diselenggarkan. Namun, acara ini akan digelar di tengah gelaran Piala Sudirman 2023 yang berlangsung di Suzho, China, 14-21 Mei 2023.

Diketahui, Piala Sudirman 2023 memang menjadi turnamen pertama yang dihelat oleh Asosiasi Badminton China sejak BWF World Tour 2019 sebelum pandemi melanda pada 2020 silam.

Jadi, ajang ini menjadi momen yang pas bagi tuan rumah untuk mengantarkan para pebulutangkis legendarisnya menutup buku perjalanan kariernya dengan lebih terhormat.

Sementara itu, menurut media China, Sohu, keputusan Chen Long untuk pensiun dikonfirmasi langsung oleh Xia Xuanze selaku pelatih kepala bulutangkis China.

 “Xia Xuanze, pelatih kepala tim tunggal bulu tangkis Tiongkok, mengungkapkan juara Olimpiade berusia 34 tahun Chen Long resmi pensiun. Kali ini di Piala Sudirman, Chen Long juga bersama China memberikan pengarahan dan saran untuk latihan tim,” tulis Sohu.

Chen Long sendiri terakhir kali tampil di ajang Olimpiade Tokyo 2020 saat dia meraih medali perak usai dikalahkan pemain Denmark, Viktor Axelsen.

Sejak saat itu, Chen Long jarang terihat di turnamen BWF. Chen Long awalnya ingin tampil di Asian Games di China untuk berburu emas pertama tetapi nampaknya diurungkan karena dia memilih pensiun.