In-depth

Pasang Surut Karier Chen Long, Legenda yang Hidup dalam Bayang-Bayang Lin Dan

Senin, 22 Mei 2023 15:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Lintao Zhang/Getty Images.
Chen Long baru saja pensiun sebagai pemain profesional. Foto: Lintao Zhang/Getty Images. Copyright: © Lintao Zhang/Getty Images.
Chen Long baru saja pensiun sebagai pemain profesional. Foto: Lintao Zhang/Getty Images.

FOOTBALL265.COM - Legenda bulutangkis China, Chen Long, baru saja mengumumkan pensiun sebagai pemain profesional.

Momen perpisahan Chen Long sudah digelar di sela-sela perhelatan Piala Sudirman 2023. Di sisi lain, ia pun sudah menyampaikan sebuah pesan pribadi via Weibo.

“Ini adalah saat yang sulit bagi saya. Sangat sulit untuk mengucapkan selamat tinggal," tulis Chen Long di Weibo pada Jumat (19/05/23).

“Pada momen spesial ini, saya benar-benar emosional. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim bulutangkis China, keluarga, dan para penggemar saya,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut, Chen Long juga menyampaikan perasaannya yang mendalam terhadap bulutangkis, yang selama ini sudah mengisi hari-harinya.

Selama menjadi pebulutangkis profesional, Chen Long sudah banyak makan garam dan menghadapi pasang surut karier.

Ia bahkan sering berada dalam bayang-bayang Lin Dan, sesama legenda bulutangkis dari China namun memiliki popularitas yang lebih masif.

Sebelum Chen Long menjadi juara Olimpiade, sektor tunggal putra kerap didominasi Lin Dan dan Lee Chong Wei masing-masing di edisi Beijing dan London.

Dua sosok ini menggondol medali emas dan perak dengan tampil di dua final beruntun pada 2008 dan 2012.

Bagi Chen Long, medali emas Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro adalah perbaikan penampilannya usai meraih perunggu di edisi 2012.