Tunggal Putra Indonesia Kian Dominan di Ranking BWF, Legenda Ardy B.Wiranata Ikut Bersuara

Selasa, 4 Juli 2023 19:15 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Meroketnya Jonatan Christie hingga Anthony Ginting di ranking BWF tunggal putra, membuat legenda bulutangkis Ardy Bernardus Wiranata ikut buka suara. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Meroketnya Jonatan Christie hingga Anthony Ginting di ranking BWF tunggal putra, membuat legenda bulutangkis Ardy Bernardus Wiranata ikut buka suara.

FOOTBALL265.COM – Meroketnya Jonatan Christie hingga Anthony Ginting di ranking BWF tunggal putra, membuat legenda bulutangkis Ardy Bernardus Wiranata ikut buka suara.

Jika flashback sejenak, dalam beberapa waktu lalu, sektor bulutangkis tunggal putra hanya didominasi oleh nama-nama tertentu di ranking BWF.

Contohnya saja, raja bulutangkis tunggal putra Jepang, Kento Momota, yang mendominasi BWF World Tour musim 2018 hingga 2020.

Kemudian Viktor Axelsen dari Denmark yang berganti mendominasi perolehan tabel gelar tunggal putra pada musim 2021 hingga 2022.

Hanya saja, keterkejutan besar terjadi di tahun 2023. Di musim 2023, tunggal putra menjadi sektor yang paling kompetitif, di mana tidak ada pemain yang terlalu mendominasi perolehan gelar.

Di tahun 2023 ini, para tunggal putra dari berbagai negara silih berganti menyegel gelar juara, dan tiga di antaranya adalah dari Indonesia.

Tunggal putra Indonesia yang mempersembahkan gelar juara di tahun ini adalah Jonatan Christie (Indonesia Masters), Anthony Ginting (Singapore Open), dan Chico Aura Dwi Wardoyo (Taipei Open).

Persembahan gelar dari Jonatan Christie, Anthony Ginting, dan Chico Aura ini membuat tunggal putra Indonesia untuk sementara mendominasi di ajang BWF World Tour pada musim 2023.

Meskipun catatannya, tabel perolehan gelar ini masih belum diklasifikan ke kategori turnamen. Terlepas dari itu, perolehan gelar di BWF World Tour, rupanya juga ikut membuat ranking BWF tunggal putra Indonesia kian mengerikan.

Dalam update ranking BWF per Selasa (4/7/23), Anthony Ginting berada di top dua ranking BWF, Jonatan Christie di ranking sembilan, dan Chico Aura Dwi Wardoyo di top 18.

Kondisi tunggal putra yang tentunya sangat cerah dalam masa untuk menghadapi Olimpiade 2024, hingga legenda bulutangkis tunggal putra, Ardy B.Wiranata ikut bersuara.