In-depth

Deretan Tunggal Putra Indonesia yang Berjaya di US Open, Kenapa Lama Terhenti?

Senin, 10 Juli 2023 19:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Kington/AFP via Getty Images
Intip deretan tunggal putra Indonesia yang berjaya di US Open, dari legenda Ardy B Wiranata hingga Taufik Hidayat. Lalu mengapa sudah lama terhenti? Copyright: © Ian Kington/AFP via Getty Images
Intip deretan tunggal putra Indonesia yang berjaya di US Open, dari legenda Ardy B Wiranata hingga Taufik Hidayat. Lalu mengapa sudah lama terhenti?

FOOTBALL265.COM –  Intip deretan tunggal putra Indonesia yang berjaya di US Open, dari legenda Ardy B Wiranata hingga Taufik Hidayat. Lalu mengapa sudah lama terhenti?

US Open merupakan turnamen bulutangkis tahunan yang pertama kali digelar pada 1954. Ajang ini banyak melahirkan banyak pebulutangkis top di ranking BWF.

Selama tiga edisi terakhir pada 2020 sampai 2022, ajang US Open batal digelar karena satu dan lain hal, termasuk merebaknya virus covid-19.

Sampai akhirnya US Open akan kembali digelar pada tahun 2023. Bertempat di Council Bliffs, Amerika Serikat, US Open 2023 akan menyediakan hadiah total 210 ribu dollar (sekitar Rp3,1 miliar).

Indonesia sejauh ini memiliki tingkatan cukup apik di US Open dengan menjadi negara tersukses keempat setelah Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Denmark.

Total ada 22,5 medali yang didapat Indonesia di US Open, masing-masing 11 dari tunggal putra, 2 tunggal putri, empat ganda putra, tiga ganda putri, dan 2.5 dari ganda campuran.

Meski memiliki sejarah cukup mentereng, sayangnya tidak ada para pebulutangkis Indonesia yang akan berpartisipasi di US Open 2023. Tak diketahui alasan pastinya alasan mereka absen.

Namun disinyalir lantaran Indonesia akan fokus ke turnamen lain karena padatnya jadwal BWF World Tour di rangkaian kualifikasi Olimpiade 2024.

Apalagi  dalam waktu dekat akan ada turnamen bulutangkis Korea Open 18 sampai 23 Juli) dan Japan Open (25 sampai 30 Juli).

Untuk merayakan ueforia, INDOSPORT akan mengulas deretan pebulutangkis sektor tunggal putra yang pernah menjuarai US Open dari Ardy B. Wiranata hingga Taufik Hidayat.