In-depth

Menerka Sampai Kapan Fajar/Rian Jadi No 1 Ranking BWF, Bulan Depan Lengser?

Sabtu, 5 Agustus 2023 14:46 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Mari menerka-nerka sampai kapan Fajar Alfian/Rian Ardianto menjadi ganda putra nomor satu di ranking BWF, dan apakah bulan depan ada kemungkinan lengser? Copyright: © PBSI
Mari menerka-nerka sampai kapan Fajar Alfian/Rian Ardianto menjadi ganda putra nomor satu di ranking BWF, dan apakah bulan depan ada kemungkinan lengser?

FOOTBALL265.COM – Mari menerka-nerka sampai kapan Fajar Alfian/Rian Ardianto menjadi ganda putra nomor satu di ranking BWF, dan apakah bulan depan ada kemungkinan lengser?

Sejak berpasangan sebagai ganda putra bulutangkis pada 2014, atlet Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, baru mencapai kesuksesan menduduki top satu di ranking BWF mulai Selasa (27/12/22).

Hasil yang sungguh luar biasa seiring kebangkitan Fajar/Rian menapaki delapan final turnamen pada musim 2022, masing-masing dengan empat gelar juara dan empat kali runner-up.

Di musim 2023, Fajar Alfian/Rian Ardianto sukses mempertahankan posisinya teratas ranking BWF setidaknya sampai update per Selasa (1/8/23). Tercatat Fajar/Rian mengoleksi 92.729 poin.

Saat ini Fajar/Rian mengangkangi Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India), Liang Wei Keng/Wang Chang (China), Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia), dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang).

Pencapaian stabil yang diraih Fajar / Rian di ranking BWF sampai saat ini tentu berkat tambahan dua gelar juara dari turnamen bulutangkis Super 1000 pada 2023.

Ya, Fajar Alfian/Rian Ardianto musim ini memang telah menambah koleksi gelarnya dari ajang Malaysia Open dan All England.

Hanya saja pada sejak menjuarai All England 2023, Fajar Alfian/Rian Ardianto kesulitan untuk kembali ke podium tertinggi.

Sementara lawan-lawannya mulai menunjukkan kebangkitan sehingga top 10 di ranking BWF mulai bergejolak. Seperti Seo Seung-jae/Kang Min-hyuk yang merangsek ke nomor sembilan.

Ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, paling berbahaya. Mereka tiba-tiba meroket ke top 2 ranking BWF menggeser Liang Weikeng/Wang Chang.

Di 2023, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty sudah mengoleksi gelar juara dari Swiss Open (S300), Indonesia Open (S1000), dan Japan Open (S750).

Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang ada di posisi dua ranking BWF mengoleksi 88.461 poin atau selisih 4.268 poin saja dari Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Fajar/Rian sebenarnya punya kans lebar untuk semakin memantapkan posisinya di puncak ranking BWF andai bisa menjuarai Australia Open 2023 (S500) pada 1 sampai 6 Agustus.

Apalagi rival-rival terdekatnya di ranking BWF seperti Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dan Liang Weikeng/Wang Chang memutuskan absen di Australia Open 2023.

Hanya saja alih-alih juara di Australia Open 2023, Fajar/Rian justru gagal total karena terhenti di perempat final. Alhasil tambahan 5.040 poin dari Australia Open 2023 tak cukup aman untuk mengokohkan posisinya di ranking BWF.