In-depth

4 Pelatih yang Makin Bersinar di Negeri Orang Usai Hengkang dari PBSI

Rabu, 9 Agustus 2023 18:55 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Dari Rony Agustinus, Hendrawan, Agus Dwi Santoso, dan Flandy Limpele, mari menilik cerita lima mantan pelatih pelatnas PBSI yang bersinar di negeri orang. Copyright: © PBSI
Dari Rony Agustinus, Hendrawan, Agus Dwi Santoso, dan Flandy Limpele, mari menilik cerita lima mantan pelatih pelatnas PBSI yang bersinar di negeri orang.

FOOTBALL265.COM – Dari Rony Agustinus, Hendrawan, Agus Dwi Santoso, dan Flandy Limpele, mari menilik cerita lima mantan pelatih pelatnas PBSI yang bersinar di negeri orang.

Seiring dengan populernya bulutangkis di Indonesia, para atlet dan pelatih di Tanah Air juga ikut sengit untuk mendapat tempat utama dan perhatian publik.

Maka tak mengherankan jika para atlet dan pelatih begitu bangga ketika mereka bisa menjadi bagian dari keluarga pelatnas PBSI sebagai induk bulutangkis di Indonesia.

Karena harus diakui jika atlet atau pelatih menjadi keluarga PBSI, mereka akan memungkinkan untuk tampil di lebih banyak turnamen bulutangkis internasional.

Hanya saja, saat atlet atau pelatih tidak bergabung di pelatnas PBSI, bukan berarti mereka tidak bisa berkreasi dan berprestasi.

Karena kenyataannya sangat banyak atlet maupun pelatih yang tetap menghasilkan prestasi gemilang meskipun mereka tak jadi bagian dari keluarga tim nasional pelatnas PBSI.

Seperti lima pelatih bulutangkis Indonesia berikut, yang makin bersinar di negeri orang setelah mereka tak lagi di pelatnas PBSI.

Dimulai dari Rony Agustinus, Hendrawan, Agus Dwi Santoso, hingga Flandy Limpele. Mari membahas kisah mereka satu per satu.

1. Rony Agustinus

Lahir pada 7 Oktober 1998, Rony Agustinus adalah peraih medali perak Kejuaraan Asia 2000, perunggu SEA Games 1999 dan 2021, hingga runner-up Malaysia Open 2021.

Sebagai rival sengit Taufik Hidayat, Rony Agustinus turut mengantarkan Indonesia menyabet emas SEA Games 1999, juara Piala Thomas 2002, hingga perak Asian Games 2002.

Beberapa waktu berselang, Rony Agustinus memutuskan untuk gantung raket atau pensiun. Dia kemudian mulai menjajal profesi baru sebagai pelatih.

Rony Agustinus kemudian menjabat sebagai pelatih di pelatnas PBSI pada tahun 2008 hingga 2012 untuk menangani sektor tunggal putra dan putri.

Usai kontraknya tak diperpanjang oleh PBSI, Rony Agustinus kemudian dipinang oleh Malaysia dan menjabat sebagai pelatih pada periode 2013 sampai 2018.

Dia berpetualang lagi ke Vietnam pada periode 2019. Sempat pulang ke Indonesia karena virus Covid-19, Rony Agustinus melanjutkan petualangan ke Korea Selatan.

Berstatus sebagai legenda bulutangkis Indonesia, agaknya kini Rony Agustinus bersinar terang di Tanah Korea Selatan membimbing An Se-young dan kawan-kawan hingga saat ini.