In-depth

3 Bintang Bulutangkis yang Gantung Raket Tahun Ini, Banyak Alasan Misterius

Kamis, 10 Agustus 2023 14:21 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Lintao Zhang/Getty Images
Deretan atlet bulutangkis yang sampai pada masanya untuk pensiun dengan alasan beragam pada tahun 2023, mulai karena cedera hingga keinginan untuk menikah. Copyright: © Lintao Zhang/Getty Images
Deretan atlet bulutangkis yang sampai pada masanya untuk pensiun dengan alasan beragam pada tahun 2023, mulai karena cedera hingga keinginan untuk menikah.

FOOTBALL265.COM – Deretan atlet bulutangkis yang sampai pada masanya untuk pensiun dengan alasan beragam pada tahun 2023, mulai karena cedera hingga keinginan untuk menikah.

Mereka di antaranya adalah Wang Yilyu (China), Du Yue (China), dan Puttita Supajirakul (Thailand). Mari merangkai kisah mereka satu persatu.

1. Wang Yilyu

Lahir di China, 9 November 1994, Wang Yilyu yang pernah menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020, memutuskan pensiun dari dunia bulutangkis di musim 2023.

Kabar mengejutkan dari pebulutangkis asal China tersebut sebagaimana dilansir twitter @bwfmedia pada Kamis (1/6/23) malam WIB.

“Wang Yi Lyu dan Du Yue ucapkan selamat tinggal” tulis twitter @bwfmedia.

Dalam unggahan tersebut,  tak hanya Wang Yilyu, namun juga partner terakhirnya, Du Yue, yang memutuskan gantung raket.

Sayangnya, tak disebutkan secara terperinci alasan mengapa Wang Yilyu memutuskan untuk gantung raket sebagai pebulutangkis profesional.

Namun jika harus mundur ke belakang, Wang Yilyu memang sudah meninggalkan pelatnas Asosiasi Bulutangkis China (CBA) sejak awal Mei 2023 lalu.

Wang Yilyu juga beberapa kali mengisyaratkan diri untuk rehat dari dunia badminton. Seperti unggahan misteriusnya di weibo pada pertengahan Mei 2023.

Saat itu di weibo, juara Olimpiade Tokyo 2020 bersama Huang Dong Ping menulis ‘Kisah-kisah baru yang patut dinantikan’ yang diiringi kata-kata bernada perpisahan dari atlet bulutangkis China lainnya.

© weibo wang yilyu
Potret Wang Yilyu saat liburan picu diskusi panas netizen yang menduganya kirim sinyal pensiun. Copyright: weibo wang yilyuPotret Wang Yilyu saat liburan picu diskusi panas netizen yang menduganya kirim sinyal pensiun, Sumber: Weibo Wang Yilyu.

Sebelum pensiun, memang Wang Yilyu sedang terseok-seok nasibnya sejak terpapar cedera di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Wang Yilyu kerap dirujuk cerai dengan Huang Dongping. Mereka pertama kali dicerai usai Japan Open 2022 pada September lalu.

Huang Dong Ping dipasangkan dengan rising star bulutangkis muda China, Feng Yanzhe, untuk debut di Denmark Open 2022.

Sementara Wang Yilyu pernah dipasangkan dengan Du Yue. Saat Feng Yanzhe/Huang Dongping bersinar, karier Wang Yilyu/Huang Dongping justru berkebalikan.

Sederet alasan tersebut yang disinyalir jadi pertimbangan lain Wang Yilyu untuk memutuskan mengakhiri kariernya di bulutangkis.