In-depth

Momen-Momen Manis Bukti Coach Irwansyah Cocok Jadi Pelatih Berhati Malaikat

Jumat, 11 Agustus 2023 22:43 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Mengulas momen-momen manis bukti Irwansyah, pelatih tunggal putra bulutangkis di pelatnas PBSI, yang cocok dengan julukan sebagai pelatih berhati malaikat. Copyright: © PBSI
Mengulas momen-momen manis bukti Irwansyah, pelatih tunggal putra bulutangkis di pelatnas PBSI, yang cocok dengan julukan sebagai pelatih berhati malaikat.

FOOTBALL265.COM – Mengulas momen-momen manis bukti Irwansyah, pelatih tunggal putra bulutangkis di pelatnas PBSI, yang cocok dengan julukan sebagai pelatih berhati malaikat.

Saat menjadi atlet bulutangkis, nama Irwansyah mungkin tidak sepopuler dengan teman-teman seangkatannya seperti Marleve Mainaky, Hendrawan, dan kawan-kawan.

Dulunya, Irwansyah memang kerap kali dirundung cedera yang membuat prestasinya mungkin tak setenar teman-teman lainnya.

Dia pun kemudian memutuskan keluar dari pelatnas PBSI, pensiun dini, dan akhirnya memutuskan berkarier sebagai pelatih di Benua Eropa.

Dari negara Wales, Cyprus, Inggris, hingga Irlandia, menjadi pelabuhan karier Irwansyah sebagai pelatih bulutangkis di luar negeri.

Sampai akhirnya setelah 15 tahun hidup di luar negeri, pada tahun 2016, Irwansyah pulang ke Tanah Air untuk bergabung di jajaran kepelatihan di pelatnas PBSI, Cipayung.

Saat itu Irwansyah membantu Hendry Saputra untuk menangani sektor tunggal putra yang diperkuat Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan lain-lain.

Pekerjaan yang tentu tidak mudah bagi Irwansyah mengingat sektor tunggal putra saat itu sedang dalam tahap pembuktian prestasi.

Tapi hanya setahun setelah kedatangannya, Jonatan Christie mampu menyabet emas Asian Games 2018, Anthony Ginting bisa menyabet gelar juara Korea Open 2017 dan masih banyak lagi.

Saat Hendry Saputra Ho menyudahi karier di PBSI pada 2022, Irwansyah sempat seorang diri bertugas mengemban tugas sebagai pelatih utama tunggal putra.

Dengan tugas baru yang diembannya, tentu beban Irwansyah semakin berat. Apalagi tak bisa dipungkiri beberapa waktu lalu sempat muncul desakan dari sejumlah oknum agar PBSI merekrut pelatih baru.

Namun lambat laun Irwansyah semakin sukses mencuri perhatian publik kala tunggal putra Indonesia semakin bisa diharapkan.

Total di musim 2023, ada tiga gelar dipersembahkan tunggal putra Indonesia asuhan Irwansyah, yakni Jonatan Christie (Indonesia Masters), Anthony Ginting (Singapore Open), dan Chico Aura (Taipei Open).

Seiring dengan kesuksesan anak asuhnya tersebut, Irwansyah pun ikut jadi sorotan, termasuk dengan kebaikan hatinya hingga dijuluki ‘pelatih berhati malaikat.’

Irwansyah dikenal sebagai pelatih yang ‘hangat’ memperlakukan muridnya bak ‘anak kandung.’ Beberapa waktu lalu, adwin BWF, di instagram pribadinya, mengumbar bukti kebaikan Irwansyah.