Oma Gill Spil Rekor Bulutangkis Jepang di Kejuaraan Dunia, Edisi 2023 Paling Gila!

Minggu, 13 Agustus 2023 21:15 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Dewi dikalahkan Tunggal Jepang, Akane Yamaguchi pada babak 16 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Kamis (15/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Dewi dikalahkan Tunggal Jepang, Akane Yamaguchi pada babak 16 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Kamis (15/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM - Komentator bulutangkis terkemuka, Gillian Clark alias Oma Gill, mengungkap rekor gila Jepang di Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF.

Sepekan lagi, Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF akan digelar di Kopenhagen, Denmark. Turnamen bulutangkis paling bergengsi tiap tahunnya tersebut akan digelar pada 21-27 Agustus mendatang.

Jelang bergulirnya Kejuaraan Dunia tahun ini, komentator bulutangkis terkenal, Gillian Clark, mengungkap sederet fakta menarik soal turnamen yang digelar sejak tahun 1977 tersebut.

Wanita yang akrab disapa Oma Gill tersebut menyoroti rekor mentereng Jepang di ajang Kejuaraan Dunia.

"9 hari sebelum dimulainya Kejuaraan Dunia BWF 2023, dan ini tepat 9 tahun setelah Kopenhagen terakhir kali menjadi tuan rumah," cuit Oma Gill.

"9 juga adalah total medali emas yang telah dimenangkan pemain atau pasangan Jepang di 27 edisi terakhir, termasuk 1 medali emas di edisi pertama pada 1977 dan 1 emas di Tokyo tahun lalu," imbuhnya.

Dengan torehan 9 medali emas, sejatinya Jepang bukanlah yang terbaik di sejarah Kejuaraan Dunia. Bahkan, Skuad Negeri Matahari Terbit "hanya" berada di urutan kelima setelah Cina, Indonesia, Denmark, dan Korea Selatan soal jumlah medali emas.

Namun, Jepang siap membuat gebrakan pada Kejuaraan Dunia tahun ini. Pasalnya, mereka memiliki wakil di lima besar unggulan masing-masing nomor pada tahun ini.

"Dengan pemain atau pasangan yang bertengger di lima besar unggulan pada semua nomor, jumlah medali emas Jepang bisa bertambah di akhir Kejuaraan Dunia tahun ini," imbuh Oma Gill.

Lantas, siapa saja pemain atau pasangan Jepang yang menempati daftar lima besar unggulan dalam Kejuaraan Dunia tahun ini?