In-depth

3 Legenda Bulutangkis yang Pernah Jadi Caleg, Taufik Hidayat Terdepan!

Rabu, 4 Oktober 2023 16:04 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
© Andrew Wong/Getty Images
Menilik tiga legenda bulutangkis Indonesia yang pernah menjadi calon legislatif (caleg), di mana salah satunya adalah Taufik Hidayat. Copyright: © Andrew Wong/Getty Images
Menilik tiga legenda bulutangkis Indonesia yang pernah menjadi calon legislatif (caleg), di mana salah satunya adalah Taufik Hidayat.

FOOTBALL265.COM – Menilik tiga legenda bulutangkis Indonesia yang pernah menjadi calon legislatif (caleg), di mana salah satunya adalah Taufik Hidayat.

Tak hanya selebriti yang tertarik untuk terjun ke dunia politik, rupanya beberapa mantan pebulutangkis Indonesia juga memutuskan untuk menjadi calon legislatif.

Salah satunya adalah legenda bulutangkis tunggal putra yakni Taufik Hidayat yang pernah terjun ke partai politik pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu.

Kala itu, Partai Demokrat mengungumkan 575 calon legislatif, di mana tak hanya nama Taufik Hidayat, namun juga ada legenda ganda putra, Ricky Subagja di dalamnya.

Namun, selain Taufik dan Ricky Subagja, tim INDOSPORT telah merangkum beberapa legenda bulutangkis Indonesia yang pernah terjun ke dunia politik. Berikut ulasannya.

Taufik Hidayat

Taufik Hidayat tentu nama yang cukup tenar di kalangan penggemar bulutangkis (Badminton Lovers) di Indonesia terutama pada era 2000-an.

Ya, suami dari Ami Gumelar itu namanya melambung usai meraih medali emas di Olimpiade Athena 2004 usai mengalahkan wakil Korea Selatan, Shon Seung-mo.

Selain itu, Taufik juga berhasil meraih medali emas di Asian Games (2002 dan 2006) serta medali emas di Kejuaraan Dunia pada edisi 2005.

Sementara itu, mantan tunggal putra peringkat 1 di ranking BWF tersebut memutuskan pensiun pada 2013 lalu usai berlaga di Indonesia Open.

Namun, pada Pemilu 2018, Taufik Hidayat membuat beberapa penggemar bulutangkis terkejut usai bergabung dengan Partai Demokrat dan menjadi calon legislatif.

Kendati demikian, Taufik memutuskan mundur menjadi caleg karena pada 2018 bertepatan dengan digelarnya Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

Ia memutuskan untuk mundur karena tak sejalan dengan hatinya serta tak ingin terlibat dengan politik panas jelang bergulirnya Asian Games 2018 kala itu.