Mulyo Handoyo ‘Senggol’ PBSI Imbas Indonesia Gagal Total di Asian Games 2022

Sabtu, 7 Oktober 2023 13:14 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Mulyo Handoyo selaku mantan pelatih Taufik Hidayat ‘senggol’ PBSI usai bulutangkis Indonesia gagal total di Asian Games 2022. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Mulyo Handoyo selaku mantan pelatih Taufik Hidayat ‘senggol’ PBSI usai bulutangkis Indonesia gagal total di Asian Games 2022.

FOOTBALL265.COMMulyo Handoyo selaku mantan pelatih Taufik Hidayat ‘senggol’ PBSI usai bulutangkis Indonesia gagal total di Asian Games 2022.

Sebagaimana diketahui, atlet bulutangkis Indonesia baru-baru ini telah mencatatkan rekor buruk di ajang Asian Games 2022.

Pasalnya, untuk pertama kalinya bulutangkis Indonesia tidak meraih satu pun gelar juara sepanjang sejarah Asian Games.

Torehan buruk ini pun tentu membuat bulutangkis Indonesia menjadi sorotan beberapa pihak dan bahkan tokoh dunia badminton.

Salah satunya ialah Mulyo Handoyo, yang merupakan pelatih senior termasuk guru Taufik Hidayat, yang ikut buka suara.

Mulyo Handoyo menyampaikan beberapa hal, termasuk mengingatkan pentingnya pembenahan atau evaluasi manajemen maupun kepelatihan usai gagal total di Asian Games 2022.

“Semuanya harus dievaluasi mulai dari manajemen, kepelatihan. Semuanya ya karena kan nggak ada medali sama sekali,” kata Mulyo Handoyo, dilansir dari Antara.

Selain itu, Mulyo Handoyo juga ‘senggol’ PBSI, dengan menyatakan bahwa federasi harus melakukan evaluasi secara tegas, baik manajemen ataupun kepelatihan.

Mantan pelatih Taufik Hidayat itu juga mengatakan bahwa kegagalan di ajang empat tahunan ini menjadi pukulan keras bagi olahraga Indonesia.

Maka dari itu Mulyo Handoyo mengatakan perlu adanya perbaikan signifikan dalam persiapan dan strategi menghadapi kompetisi tingkat Asia yang sangat kompetitif.