Ng Tze Yong Diminta Belajar dari Jonatan Christie untuk Jadi The Next Lee Chong Wei

Selasa, 31 Oktober 2023 15:19 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Humas PP PBSI
Jonatan Christie saat meraih gelar juara di French Open 2023. Foto: Humas PP PBSI. Copyright: © Humas PP PBSI
Jonatan Christie saat meraih gelar juara di French Open 2023. Foto: Humas PP PBSI.

FOOTBALL265.COM - Pemain bulutangkis Malaysia, Ng Tze Yong, diminta belajar dari Jonatan Christie untuk menjadi titisan Lee Chong Wei.

Ajang French Open 2023 memang menjadi panggung Jonatan Christie. Pemain tunggal putra asal Indonesia tersebut sukses merebut gelar juara usai menumbangkan wakil China, Li Shifeng, di partai puncak, Minggu (29/10/23).

Ini merupakan gelar World Tour keempat Jonatan Christie tahun ini setelah Indonesia Masters 2023 dan Hong Kong Open 2023, menjadikannya pemain tunggal putra Indonesia paling berprestasi.

Pencapaian Jonatan Christie ini rupanya disorot oleh media Malaysia, The Star. Mereka bahkan secara blak-blakan meminta agar pemain tunggal putra Malaysia, Ng Tze Yong, mau belajar dari Jonatan Christie.

Langkah Ng Tze Yong di French Open 2023 sendiri terhenti di babak semifinal oleh Li Shifeng. Penyebab kekalahan ini, menurut sang pemain, adalah rasa grogi. 

Sebaliknya, Jonatan Christie justru berhasil mengatasi tekanan dan memetik kemenangan atas Li Shifeng, yang notabene peraih medali emas Asian Games 2022. Padahal, di Denmark Open 2023, Jojo tersingkir di babak pertama.

"Memenangi medali emas Asian Games membuat kepercayaan dirinya meroket. Li Shifeng pun menjadi pemain yang sulit dikalahkan," ujar Jonatan Christie, yang merupakan peraih medali emas Asian Games 2018.

"Saya sendiri terus berjuang untuk mendapatkan rasa percaya diri. Saat Anda memilikinya, Anda bisa bermain lebih agresif dan menerapkan strategi Anda.

Kebetulan, kepercayaan diri inilah yang tidak dimiliki oleh Ng Tze Yong, sehingga ia menelan lima kekalahan beruntun dari Li Shifeng. Semuanya lewat straight game.

Padahal, Li Shifeng sempat digadang-gadang sebagai pemain masa depan Malaysia. Bahkan, tak sedikit yang menyebutnya titisan legenda Negeri Jiran, Lee Chong Wei.