3 Alasan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon Tak Kunjung Tampil di Turnamen Bulutangkis

Rabu, 1 November 2023 18:00 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Terdapat tiga alasan mengapa Kevin Sanjaya/Marcus Gideon tak kunjung tampil di sejumlah turnamen bulutangkis. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Terdapat tiga alasan mengapa Kevin Sanjaya/Marcus Gideon tak kunjung tampil di sejumlah turnamen bulutangkis. (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM – Terdapat tiga alasan mengapa Kevin Sanjaya/Marcus Gideon tak kunjung tampil di sejumlah turnamen bulutangkis.

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon merupakan salah satu pasangan ganda putra terbaik di dunia yang pernah dimiliki oleh Indonesia.

Sejak dipasangkan pada 2015, Kevin Sanjaya/Marcus Gidoen berhasil mencatatkan sejumlah prestasi yang membanggakan di dunia bulutangkis.

Pasangan berjuluk The Minions itu sukses membukukan 19 gelar juara dan enam runner-up di ajang BWF World Tour sejak 2018.

Selain itu sejumlah deretan rekor di luar nalar yang sulit terkejar pun sudah diciptakan oleh Kevin/Marcus.

Salah satunya ialah Kevin/Marcus mencetak rekor 226 pekan duduk nyaman di posisi pertama ranking BWF sejak 28 September 2017 silam, atau dengan kata lain Kevin/Marcus berada di puncak selama lima tahun.

Tercatat dari 226 pekan tersebut, ia mencatatkan rekor yang nyaris sulit dipecahkan oleh pebulutangkis mana pun, yaitu 214 pekan beruntun tidak pernah terlempar dari posisi nomor satu dunia.

Tak hanya itu, The Minions juga mencatatkan rekor delapan kemenangan dari sembilan kompetisi dalam satu tahun kalender BWF 2019.

Sebelumnya rekor tersebut sempat dipegang oleh ganda putra asal Korea Selatan, Lee Young Dae/Yoo Yeon Seong yang mengumpulkan enam gelar turnamen dalam setahun.

Selain itu, Kevin/Marcus juga merupakan ganda putra pertama yang bisa mengumpulkan 100 ribu poin lebih dalam ranking BWF.

Meski sempat berjaya, namun kini Kevin/Marcus tak begitu aktif tampil di berbagai ajang bulutangkis, di mana mereka terakhir unjuk gigi di Singapore Open 2023 pada Juni lalu.

Ada sejumlah alasan mengapa Kevin Sanjaya/Marcus Gideon jarang tampil di hadapan publik sebagai pasangan ganda putra.