Masalah Hukum hingga Nepotisme, 3 Dosa Alex Tirta Selama Pegang PBSI

Kamis, 2 November 2023 14:25 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
© Tribunnews
Sosok Ketua Harian PP PBSI, Alex Tirta, setidaknya punya tiga
Sosok Ketua Harian PP PBSI, Alex Tirta, setidaknya punya tiga "dosa" besar selama kurun waktunya menjabat di PBSI.

FOOTBALL265.COM - Sosok Ketua Harian PP PBSI, Alex Tirta, setidaknya punya tiga "dosa" besar selama kurun waktunya menjabat di PBSI.

Nama Alex Tirta tengah menjadi sorotan. Sayangnya, bukan karena prestasi di PBSI, tetapi justru karena terseret dalam pusaran skandal korupsi.

Ya, nama pemilik klub bulutangkis PB Exist ini diduga terlibat dalam kasus dugaan pemerasan yang dilakukan Firli Bahuri selaku pimpinan KPK kepada Syahrul Yasin Limpo yang merupakan mantan Menteri Pertanian yang sudah jadi tersangka.

Namun, itu ternyata bukan satu-satunya "dosa" Alex Tirta. Selama berkiprah di dunia tepok bulu, sosoknya sudah menimbulkan banyak kontroversi.

Sebelum menelusuri lebih dalam "dosa-dosa" Alex Tirta, berikut ini penjelasan singkat mengenai kiprah pria yang juga dikenal sebagai pengusaha tersebut di PBSI.

Tirta Juwana Darmadji, atau yang dikenal dengan nama Alex Tirta, mulai berkiprah di PBSI saat menjadi Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) DKI Jakarta. Ia pertama kami terpilih menjadi ketua pada periode 2015-2009 menggantikan Icuk Sugiarto.

Setelah itu, Alex Tirta kembali terpilih menakhodai Pengprov PBSI DKI Jakarta periode 2019-2023. Ia terpilih secara aklamasi di Musyawarah Provinsi PBSI DKI Jakarta Maret 2019 silam.

Sementara, kiprah Alex Tirta di kepengurusan pusat PBSI dimulai saat ia menjadi Ketua Harian PBSI pada periode 2016-2020 di bawah kepengurusan Wiranto.

Satu periode berakhir, PBSI memiliki nakhoda baru sebagai Ketua Umum, yakni Agung Firman Sampurna, yang baru memimpin di PBSI untuk rentan waktu 2020-2024.

Namun, meski nakhoda utama berganti, Alex Tirta tetap kembali dipilih sebagai Wakil Ketua Umum I sekaligus Ketua Harian. Hal ini membuatnya dijuluki sebagai "Ketua Harian Abadi PBSI". 

Lantas, apa saja "dosa-dosa" yang dilakukan Alex Tirta selama berkarier di PBSI sejak 2015 hingga sekarang?