Update Klasemen Race to Olympic: Bagas/Fikri Tergusur, Rinov/Pitha Selamatkan Wajah Herry IP

Senin, 6 November 2023 11:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Pasangan ganda putra, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berjuang untuk lolos olimpiade Paris 2024. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pasangan ganda putra, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berjuang untuk lolos olimpiade Paris 2024. (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM - Update klasemen Race to Olympic 2024 paska Hylo Open 2023, posisi Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri tergusur dari 8 besar, sementara Rinov/Pitha masih lolos kualifikasi olimpiade.

Sejumlah pemain Indonesia absen dari Hylo Open 2023, tetapi perebutan poin ke Olimpiade Paris 2024 masih terus bergulir. Sayangnya, tak ada wakil Indonesia yang meraih titel juara.

Peserta cabor bulutangkis di Olimpiade Paris 2024 terdiri dari 16 ganda putra, 16 ganda putri, dan juga 16 ganda campuran.

Di setiap nomor ganda, setidaknya terdapat 1 pasangan dari masing-masing 5 Konfederasi Kontinental BWF. Setiap negara juga hanya bisa mengirim 1 wakil terbaiknya di satu sektor, di luar peringkat 8 besar.

Dari nomor tunggal, 35 atlet putra dan 35 atlet putri akan unjuk gigi, minimal 2 atlet dari 5 Konfederasi Kontinental BWF, serta negara bisa mengirim 2 wakil terbaik di satu sektor.

Dari sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting masih aman di peringkat ke-5, disusul Jonatan Christie urutan 8. Sedangkan tunggal putri masih dipegang oleh Gregoria Mariska.

Sektor ganda putra kini harap-harap cemas karena Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto digusur oleh Lee Yang/Wang Chi Lin. Wakil Indonesia turun ke peringkat 8 alias batas akhir.

Dengan turunnya posisi Fajar/Rian, maka Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri juga otomatis terlempar dari posisi 8 besar. Semakin sulit untuk mengirimkan 2 wakil Merah Putih.

Tiket ganda putri masih dipegang oleh Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, disusul sektor ganda campuran ada Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Rinov/Pitha jadi satu-satunya harapan Herry IP yang baru saja didapuk jadi pelatih ganda campuran, dengan target mengirimkan anak asuhnya ke Olimpiade Paris 2024 nanti.