In-depth

Kisah Yohan Hadikusumo, Adik Alan Budikusuma yang Pilih Cabut ke Hong Kong

Kamis, 9 November 2023 16:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Robert Ng/South China Morning Post via Getty Images
Menengok kembali sosok Yohan Hadikusumo Wiratama, adik Alan Budikusuma yang memilih lanjutkan karier bulutangkis mewakili Hong Kong. Copyright: © Robert Ng/South China Morning Post via Getty Images
Menengok kembali sosok Yohan Hadikusumo Wiratama, adik Alan Budikusuma yang memilih lanjutkan karier bulutangkis mewakili Hong Kong.

FOOTBALL265.COM - Menengok kembali sosok Yohan Hadikusumo Wiratama, adik Alan Budikusuma yang memilih lanjutkan karier bulutangkis mewakili Hong Kong.

Alan Budikusuma, peraih medali emas tunggal putra Olimpiade Barcelona 1992, ternyata memiliki adik kandung yang juga seorang pebulu tangkis. Dia adalah Yohan Hadikusumo.

Berbeda dengan kakaknya, Alan Budikusuma, yang bermain di sektor tunggal putra, Yohan Hadikusumo merupakan pemain di sektor ganda putra.

Meski demikian, nama Yohan Hadikusumo tidaklah setenar sang kakak di Indonesia. Pasalnya, ia berkarier di bawah bendera Hong Kong.

Yohan Hadikusumo memulai karier badminton dari klub bulutangkis PB Tangkas Jakarta. Dirinya pun sempat masuk Pelatnas PBSI.

Yohan sempat mengantarkan Indonesia meraih medali emas Asian Games 1999 lalu bersama Rony Agustinus, Taufik Hidayat, hingga Wahyu Agung Setiawan.

Namun, akibat persaingan yang sangat ketat di Pelatnas PBSI pada masanya, Yohan Hadikusumo lebih memilih keluar dari sana.

Yohan Hadikusumo tidak lantas menutup karier badminton-nya begitu saja. Dia justru berlabuh ke Hong Kong dan dinaturalisasi sebagai warga negara Hong Kong pada 2003.

Bermain di bawah bendera Hong Kong justru membuka kesempatan seluas-luasnya bagi Yohan Hadikusumo. Dia tidak hanya turun di sektor ganda putra tetapi juga ganda campuran.

Di ganda putra, Yohan berpasangan dengan Albertus Susanto Njoto yang juga berasal dari Indonesia, Wong Wai Hong. Sedangkan di ganda campuran, dia berpasangan dengan Tse Ying Suet.

Untuk menilik lagi prestasi Yohan Hadikusuma bersama Hong Kong, INDOSPORT membagi prestasi-prestasi yang mereka raih di sektor ganda putra dan ganda campuran.