Cedera, Apriyani/Fadia Masih Bikin Repot Ganda Putri 'Monster' China di WTF

Sabtu, 25 November 2023 17:25 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Indra Citra Sena
© Humas PP PBSI
Apriyani Rahayu mendapat perawatan cedera di China Masters 2023 (Foto: Humas PP PBSI) Copyright: © Humas PP PBSI
Apriyani Rahayu mendapat perawatan cedera di China Masters 2023 (Foto: Humas PP PBSI)

FOOTBALL265.COM - Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti telah memastikan lolos ke World Tour Finals kendati mundur di babak 16 besar China Masters 2023.

Perjuangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di China Masters 2023 berakhir antiklimaks. Ganda putri terbaik Tanah Air tersebut tersingkir di babak 16 besar yang digelar Kamis (22/11/23).

Mirisnya, tersingkirnya Apriyani/Fadia bukan karena kalah, melainkan karena keduanya sepakat untuk mundur. Hal ini dikarenakan kondisi Apriyani yang belum pulih betul dari cedera.

Mundurnya Apriyani/Fadia sangat disayangkan mengingat mereka satu-satunya wakil tunggal putri Indonesia di ajang BWF Super 750 tersebut.

Di sisi lain, keputusan ini dinilai bijak, mengingat Apriyani/Fadia masih akan mewakili Indonesia di ajang World Tour Finals 2023, 13-17 Desember mendatang.

Meski tersingkir dari China Masters 2023, Apriyani/Fadia telah berhasil mengamankan satu slot di turnamen bulutangkis penutup kalender tahun 2023 tersebut.

Dengan waktu yang tinggal menyisakan beberapa minggu, alangkah bijaknya bagi Apriyani untuk fokus pada pemulihan demi bisa tampil maksimal di World Tour Finals 2023.

Apalagi, dalam turnamen tahunan tersebut, ia dan Fadia berpeluang menghadapi "monster" ganda putri dunia, Chen Qingchen/Jia Yifan di fase grup.

Berdasarkan perhitungan akun @badmintoneropa, Apriyani/Fadia akan memperebutkan posisi unggulan 5-8. Ini berarti mereka berpeluang bertemu dengan Chen/Jia, yang dipastikan menjadi unggulan pertama.

Hal ini dikarenakan mekanisme drawing BWF World Tour Finals, yang hanya memastikan unggulan pertama dan kedua berbeda grup. Sedangkan unggulan ketiga hingga kedelapan akan diundi bersamaan.