Update Klasemen Race to Olympic: Jonatan Christie dan Fajar/Rian Nyaris Terdepak

Senin, 27 November 2023 07:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Humas PP PBSI
Jonatan Christie turun ke peringkat 8 klasemen Race to Olympic 2024. (Foto: Humas PP PBSI) Copyright: © Humas PP PBSI
Jonatan Christie turun ke peringkat 8 klasemen Race to Olympic 2024. (Foto: Humas PP PBSI)

FOOTBALL265.COM - Update klasemen Race to Olympic 2024 paska turnamen China Masters 2023, Jonatan Christie dan Fajar Alfian/Rian Ardianto nyaris terdepak di klasemen.

Pemain Indonesia gagal bersinar di China Masters 2023, padahal perebutan poin ke Olimpiade Paris 2024 masih terus bergulir. Tidak ada pemain yang mencapai semifinal.

Perlu diketahui, peserta cabor bulutangkis di Olimpiade Paris 2024 terdiri dari 16 ganda putra, 16 ganda putri, dan juga 16 ganda campuran.

Di setiap nomor ganda, setidaknya terdapat 1 pasangan dari masing-masing 5 Konfederasi Kontinental BWF. Setiap negara juga hanya bisa mengirim 1 wakil terbaiknya di satu sektor, di luar peringkat 8 besar.

Dari nomor tunggal, 35 atlet putra dan 35 atlet putri akan unjuk gigi, minimal 2 atlet dari 5 Konfederasi Kontinental BWF, serta negara bisa mengirim 2 wakil terbaik di satu sektor.

Dari sektor tunggal putra, Anthony Ginting berada di peringkat 7, sementara Jonatan Christie yang awalnya ada di 6, berhubung absen di China Masters, ia turun ke posisi 8.

Sektor ganda putra kini harap-harap cemas karena Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto semakin tergusur ke posisi 9, setelah kandas di babak 16 besar China Masters 2023 lalu.

Jika turnamen berikutnya Fajar/Rian tak bisa meraih prestasi, maka posisi mereka rawan tergusur dan tidak ada wakil ganda putra Indonesia di Olimpiade Paris 2024 nanti.

Sektor tunggal putri masih dipegang oleh Gregoria Mariska Tunjung, dan ganda putri masih mengandalkan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari jadi satu-satunya harapan Herry IP yang baru saja didapuk jadi pelatih ganda campuran, saat ini keduanya berada di urutan ke-14 klasemen.