Kejuaraan Tennis FIKS Digelar Lagi, Ini Pesan Aldila Sutjiadi untuk Petenis Muda Indonesia

Minggu, 17 Desember 2023 20:44 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Juni Adi
© Instagram@dila11
Legenda tenis Indonesia, Yayuk Basuki beri saran Aldila Sutjiadi ajukan banding usai didiskualifikasi dari French Open. (Foto: Instagram@dila11) Copyright: © Instagram@dila11
Legenda tenis Indonesia, Yayuk Basuki beri saran Aldila Sutjiadi ajukan banding usai didiskualifikasi dari French Open. (Foto: Instagram@dila11)

FOOTBALL265.COM - Petenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi, yang saat ini menempati 26 ranking WTA di sektor ganda putri, merasa senang FIKS Tennis Open 2023 kembali digelar di Bandung, 17-23 Desember 2023. 

Menurut Aldila, kejuaraan nasional (Kejurnas) tennis FIKS ini merupakan salah satu turnamen tennis tertua di Indonesia, pasalnya event ini sudah rutin digelar selama 61 tahun.

Selain itu, sebelumnya menjadi petenis profesional seperti saat ini, Aldila juga pernah merasakan atmosfer kejuaraan FIKS Tennis Open, menurutnya saat itu dia masih berusia sekitar 9-10 tahun.

"Ya yang pastinya saya sangat senang masih bisa melihat ada turnamen nasional yang sudah 61 tahun, dulu juga pas masih kecil juga sempet ikut pertandingan ini dari umur 9 atau 10," kenang Aldila di Lapangan Tenis UPI, Kota Bandung, Minggu (17/12/23).

Lebih lanjut Aldila menuturkan, meski turnamen tennis ini sudah berjalan 61 tahun, namun dia menilai antusias pesertanya sangat besar. Sehingga, hal itu membuatnya merasa senang dan bangga.

"Dan sampai saat ini, turnamen ini masih ada, senang juga melihat antusias anak anak junior yang ikut FIKS ini," ungkapnya.

Aldila juga berharap, dari kejuaraan FIKS Tennis Open ini bisa muncul kembali petenis berprestasi seperti dirinya dan atlet Indonesia lainnya yang sudah lebih dulu meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Selain itu, pihaknya juga berharap kejuaraan tennis seperti ini bisa diperbanyak lagi, karena menjadi wadah bagi petenis muda untuk menunjukkan kualitas dan mengasah kemampuan.

"Semoga ke depannya bisa melahirkan atlet atlet profesional seperti aku, Janice, Priska, Kak Jessie, dan semoga kedepannya bisa lebih banyak lagi turnamen nasional seperti ini," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Aldila juga berpesan kepada petenis muda untuk tetap semangat dan bekerja keras, karena hal itu menjadi salah satu kunci keberhasilan meraih prestasi.

"Semangat terus untuk atlet atlet junior, karena dengan ikut pertandingan, kalian bisa mengasah mental dan melihat kemampuan, kelemahan, kekuatan di pertandingan, jadi sangat penting," tegasnya.

Sementara itu, kejuaraan FIKS Tennis Open 2023 diikuti sekitar 550 peserta putra dan putri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Jumlah ini, lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Peserta yang mengikuti Kejurnas FIKS Tennis Open 2023 diantaranya berasal dari Aceh, Palembang, Lampung, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya Bali, hingga dari Kalimantan.

Kejuaraan tenis nasional yang diikuti kelompok umur 10 sampai 18 tahun ini dibuka langsung oleh Sekjen Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti), Hasbullah Tahir di Lapangan Tenis UPI, Kota Bandung, Minggu (17/12/23).

Tournamen Director FIKS Tennis Open 2023, Meiske H. Wiguna, mengatakan jumlah peserta tahun ini lebih banyak jika dibandingkan sebelumnya. Sehingga, diharapkan dengan adanya Kejurnas ini bisa menjadi wadah bagi petenis muda untuk menunjukkan kemampuannya. 

"Jumlah peserta 550 tapi belum dihitung dengan jumlah peserta red ball, red ball itu 8 tahun ke bawah pertandingannya tanggal 20 dan masih dibuka sampai tanggal 19," ungkap Meiske.

Selain itu, diharapkan bisa muncul petenis potensial seperti Aldila Sutjiadi, pasalnya sebelumnya menjadi atlet profesional seperti saat ini Aldila juga ketika anak-anak mengikuti kejuaraan ini. 

"Jadi harapannya ya semoga ini bisa menjadi tempat atau wadah untuk mencari bakat mereka, dan dapat memenangkan peringkat karena kita itu adalah J1 hanya FIKS, dari tahun lalu ya hanya FIKS ya J1, jadi itu yang dicari anak anak mendapatkan peringkat tertinggi.

"Iya, kita harapkan dari FIKS dapat melahirkan atlet atlet seperti Aldila," harapnya.