x

10 Pebulutangkis Terbaik Sepanjang Sejarah

Sabtu, 3 Oktober 2015 17:02 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono

Indonesia sendiri tercatat sebagai pemegang rekor juara terbanyak Thomas Cup dan negara pertama yang mampu menjuarai Piala Thomas selama lima kali berturut-turut, dan menjadi satu-satunya sebelum tahun 2012 China menorehkan catatan yang sama.

Bulutangkis sendiri ini mulai menjadi bagian dari olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade pada tahun 1992. Memiliki lima nomor kompetisi di Olimpiade. Kelima nomer tersebut adalah single putra dan putri, ganda putra dan putri, dan ganda campuran.

Berikut 10 pebulutangkis yang dianggap sebagai atlit bulutangkis terbaik dunia sepanjang masa. 


1. Lin Dan

Legenda bulutangkis Cina Lin Dan, dianggap sebagai pemain tunggal putra terhebat dalam sejarah bulutangkis.

Dia adalah satu-satunya pemain yang berhasil menyelesaikan seluruh turnamen Super Gran Slam. Sembilan gelar utama dalam kejuaraan bulutangkis internasional, pada usia 28. Ia juga dijuluki "Super Dan" oleh para penggemarnya.

Lin Dan meraih 5 emas dan perak di World Badminton Championships dan medali emas di bulutangkis 2 Piala Dunia. Dia juga memenangkan 5 emas dan 2 medali perunggu di Piala Thomas, 3 medali emas di Kejuaraan Asia dan 3 medali emas di Asian Games.

Lin Dan adalah satu-satunya pemain dalam sejarah bulu tangkis yang berhasil dua kali berturut-turut meraih emas Olimpiade di Olimpiade 2008 Beijing dan Olimpiade London 2012. Dia mendapatkan penghargaan atlet pria terbaik tahun 2010 dari salah satu stasiun TV Olahraga, CCTV.


2. Taufik Hidayat

Bintang bulutangkis Indonesia Taufik Hidayat pensiun setelah berhasil memecahkan rekor 6 kali memenangkan Terbuka Indonesia.

Dirinya dikenal sebagai rival abadi Lin Dan dalam persaingan menjadi yang teratas di dunia bulutangkis. Persaingan kedua pebulutangkis hebat dunia ini dianggap rivalitas paling sengit oleh seluruh media olahraga dunia.

Taufik Hidayat gantung raket setelah meraih 27 gelar internasional dan dilantik di tempat kedua dalam daftar Top 10 Greatest Badminton Pemain of All Time.

Dia memenangkan emas, perak dan medali perunggu di dua Kejuaraan Dunia, dan juga memenangkan 3 emas, perak dan dua medali perunggu di Asian Games.

Taufik Hidayat mencapai 3 emas, dua perak dan medali perunggu di Kejuaraan Asia, dan 2 emas, perak dan medali perunggu tiga di Piala Thomas. Penghargaan Olimpiade dihiasi dengan gelar tunggal di Olimpiade Athena 2004.


3. Gao Ling

Legenda bulutangkis perempuan Cina Gao Ling, dikenal dengan permainan depan netnya, konsistensi dan antisipasinya.

Selain bakat besar, dia juga terkenal sebagai pebulutangkis yang murah senyum. Dia secara luas dianggap sebagai pemain ganda paling sukses  dalam sejarah bulu tangkis.

Dia mencapai dua emas, perak dan medali perunggu pada tahun 2000 dan 2004 di Olympic Games, dan juga mencapai empat medali emas di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Gao Ling mencapai tiga medali emas di Piala Sudirman, lima medali emas di Piala Uber dan gelar Piala Dunia Yiyang Badminton 2006.

Dia dengan pasangannya Huang Sui mengantongi gelar ganda enam wanita berturut-turut dari tahun 2001 sampai 2006 di Kejuaraan All England.


4. Tony Gunawan

Pemain bulutangkis Indonesia Tony Gunawan dianggap sebagai salah satu pemain ganda putra terbaik dalam sejarah bulu tangkis dunia.

Ia mewakili tanah airnya Indonesia 1992-2001. Tony Gunawan saat ini mewakili dan melatih tim Amerika Serikat sejak tahun 2001.

Ia memenangkan medali emas Olimpiade Sydney 2000, Kejuaraan Dunia Seville 2001 dan Kejuaraan Dunia Anaheim 2005 dengan 3 pasangan yang berbeda.

Tony Gunawan juga meraih gelar AS Terbuka, Taipei Terbuka, Puerto Rico Terbuka dan SCBA Klasik untuk ganda campuran. Dirinya juga tercatat pernah memenangkan Kejuaraan Dunia IBF dan All-England Terbuka dengan pasangannya Halim Haryanto tahun 2001. 


5. Lee Chong Wei

Bintang bulu tangkis keturunan Cina asal Malaysia Lee Chong Wei, adalah satu-satunya pebulutangkis Malaysia yang berhasil menduduki peringkat nomor satu bulutangkis dunia selama lebih dari setahun.

Lee Chong Wei mencapai posisi teratas pada 21 Agustus 2008 dan mempertahankan posisinya 199 minggu berturut-turut sehingga menjadi pemain Malaysia ketiga yang berhasil mencapai prestasi seperti itu.

Ia memenangkan dua medali perak di Olimpiade, medali emas di Kejuaraan Asia 2006 dan tiga perak dan perunggu di Kejuaraan Dunia.

Lee Chong Wei juga mencapai empat medali emas di Commonwealth Games, emas dan medali perak di SEA Games.

Dirinya meraih penghargaan Penang Sportsman sebanyak enam kali sampai sekarang dan mendapat gelar BWF Player of the Year empat kali dalam karirnya.


6. Rudi Hartono

Legenda bulutangkis Indonesia Rudy Hartono dianggap sebagai salah satu pemain bulu tangkis terbaik dan terbesar dalam sejarah bulu tangkis sepanjang masa.

Dia mencapai gelar bergengsi All England Championship untuk tunggal putra sebanyak delapan kali dalam karirnya

Rudy Hartono memenangkan 2 gelar IBF Kejuaraan Dunia pada tahun 1980 di Jakarta. Ia juga meraih empat medali emas dan dua medali perak di Piala Thomas.

Rudy Hartono merebut gelar tunggal putra di Olimpiade 1972 Munich Summer Olympics. Menariknya, saat itu 1972, bulu tangkis untuk pertama kalinya didipertandingkan di Olimpiade.


7. Morten Frost Hansen

Bintang bulutangkis Denmark Morten Frost Hansen, berhasil menghuni peringkat 3 teratas pebulutangkis dunia selama dua belas tahun.

Dia dijuluki "Mr Badminton" oleh fans dan media olahraga karena berhasil memenangkan hampir seluruh kejuaraan tingkat atas internasional World Badminton Championships.

Ia memenangkan perak dua kali di Kejuaraan Dunia pada tahun 1985 dan 1987. Dirinya dianggap sebagai "Pemain Bulutangkis Terbesar di Dunia yang Tidak Pernah Menjadi Juara Dunia" oleh media populer.

Morten Frost Hansen memenangkan gelar All England Terbuka Badminton Championship empat kali pada tahun 1982, 1984, 1986, dan 1987. Dia memenangkan Denmark Terbuka sebanyak tujuh kali berturut-turut antara tahun 1980 dan 1986.


8. Li Lingwei

Bintang bulutangkis perempuan Cina Li Lingwei, dianggap sebagai pebulu tangkis tunggal putri terbesar sepanjang masa.

Li Lingwei mendominasi ganda putri internasional dengan pasangannya Han Aiping, dan memenangkan gelar ganda putri IBF Dunia di tahun 1985.

Li Lingwei juga mencapai Kejuaraan Dunia IBF dua kali untuk tunggal putri. Dia mencapai tiga medali emas dan dua medali perak di Kejuaraan Dunia BWF dalam karir aktifnya selain meraih gelar tunggal putri Grand Prix Dunia.

Li Lingwei juga terpilih sebagai anggota Komite Olimpiade Internasional pada bulan Juli 2012.


9. Peter Hoeg Gade

Mantan bintang bulu tangkis Denmark Peter Hoeg Gade berhasil menjadi pebulutangkis nomer satu di dunia pada tahun 1998-2001, dan merebut kembali posisi lagi pada 22 Juni 2006.

Dia terkenal karena kemampuannya untuk menangani tekanan konstan dan gerak kaki mulus.

Peter Hoeg Gade dikenal dengan smash khasnya. Dia mencapai gelar Kejuaraan Eropa sebanyak lima kali dan memenangkan tiga medali emas di European Team Championships. Dia meraih empat perunggu di Kejuaraan Dunia Copenhagen World Championships 1999 sampai  London World Championships 2011.


10. Han Aiping

Legenda bulutangkis putri Cina Han Aiping, secara luas dianggap sebagai salah satu pemain bulu tangkis putri terbesar sepanjang masa.

Dia dikenal untuk stroke overhead-nya yang menakjubkan. Han Aiping mendominasi tunggal putri internasional bulutangkis pada dekade 80-an.

Dia memenangkan tiga medali emas dan tiga medali perak di Kejuaraan Dunia, dan juga meraih gelar Seoul Asian Games 1986.

Han Aiping memenangkan dua medali emas di World Grand Prix dan juga memenangkan Kejuaraan Federasi Bulutangkis Dunia pada tahun 1979.

Han Aiping memenangkan Jepang Terbuka dua kali, Malaysia Terbuka tiga kali dan Hong Kong Terbuka empat kali selama karirnya menakjubkan. Han Aiping mendapatkan gelar Badminton Hall of Fame pada tahun 1998.

Lee Chong WeiLin DanTaufik HidayatRudi HartonoTony Gunawan

Berita Terkini