x

Tontowi/Liliyana Mundur dari Japan Open 2018 Super 750

Sabtu, 8 September 2018 20:03 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, pebulutangkis Indonesia.

FOOTBALL265.COM - Para penggemar buiutangkis Indonesia nampaknya dipaksa lebih bersabar lagi menunggu. Kesabaran yang dimaksud adalah sabar untuk bisa kembali menyaksikan sisa-sisa penampilan pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di beberapa turnamen sebelum berpisah.

Seperti yang terdapat dalam rilis dari Humas PBSI, pasangan yang biasa dipanggil Owi/Butet itu mengundurkan diri dari turnamen Japan Open 2018.

Rencananya turnamen yang berkelas Super 750 tersebut akan berlangsung 11-16 September 2018 mendatang.

Baca Juga

Pelatih ganda campuran, Richard Mainaky, membeberkan alasannya mengapa Owi/Butet, panggilan akrab pasangan ini, mundur dari turnamen bergengsi itu.

Kondisi dari Butet (Liliyana) yang saat ini sedang tidak dalam seratus persen fit untuk bertanding membuat ia memilih mengistirahatkan pasangan nomor tiga dunia ini.

"Butet (Liliyana) saat ini tidak dalam kondisi fit untuk bertanding. Tapi bukan cedera kok, kondisi lututnya tidak apa-apa. Dia sedang tidak enak badan, badannya panas," kata Richard seperti dilansir dari situs resmi PBSI.

Akan tetapi, Richard juga menambahkan bahwa Owi/Butet diperkirakan segera pulih sebelum gelaran China Open 2018. Turnamen kelas Super 1000 itu digelar tepat setelah Japan Open 2018.

Tontowi/Liliyana di babak semifinal Asian Games 2018.

"Saya rasa mereka bisa bertanding di China Open 2018, mudah-mudahan recovery dan persiapannya bisa kami maksimalkan," tambah Richard.

Meski absen di turnamen, Owi tetap akan pergi ke Tokyo, Jepang pada Jumat (14/09/18) untuk menghadirinya demi memenuhi persyaratan dari BWF.

Perlu diketahui, pemain yang berada di peringkat 10 besar dunia wajib hukumnya untuk ikut bertanding di turnamen berlevel Super 750 dan Super 1000.

Terdapat pengecualian untuk tidak bertanding jika si pemain sedang mengalami cedera atau sakit. Oleh karena itu Owi tetap diharuskan hadir.

Baca Juga

"Iya, Tontowi akan ke Tokyo pada Jumat depan, kalau tidak kan bisa kena denda. Memang sudah peraturan dari BWF. Dari Jepang, dia akan langsung terbang ke Tiongkok," sebut Richard.

Mundurnya Owi/Butet otomatis sektor ganda campuran hanya akan diwakilkan oleh tiga pasangan saja. Ketiga pasangan tersebut ialah Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto.

Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana

Ikuti Terus Berita Sport dan Sepak Bola hanya di INDOSPORT

Tontowi Ahmad/Liliyana NatsirRaketJapan Open 2018

Berita Terkini