x

Mirip Viktor Axelsen, 3 Pebulutangkis Indonesia ini Mundur Saat Bertanding Akibat Cedera

Jumat, 13 Desember 2019 21:23 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
Anthony Sinisuka Ginting langsung ditangani tim medis di Asian Games 2018.

FOOTBALL265.COM - Mirip dengan yang dialami tunggal putra Denmark yakni Viktor Axelsen, tiga pebulutangkis top asal Indonesia ini juga pernah mundur saat bertanding karena cedera

Pada babak penyisihan Grup B tunggal putra BWF World Tour Finals 2019, Jumat (13/12/19) siang WIB, terdapat satu insiden menarik saat andalan Denmark, Viktor Axelsen memilih mundur saat melawan Anthony Sinisuka Ginting.

Bagai mendapat durian runtuh, Anthony yang unggul dengan skor 13-6 di set pertama tidak harus mengeluarkan keringat lagi setelah Axelsen menyatakan retired atau mundur dari laga lantaran mengalami masalah di kakinya.

Baca Juga

Viktor Axelsen sendiri sebenarnya memang sempat mengalami cedera kaki di Indonesia Open 2019 dan Japan Open 2019. Ia juga sempat mundur dari Prancis Open 2018 lantaran sempat mengalami flu berkepanjangan. 

Di dunia perbulutangkisan, cedera kaki memang sangatlah rawan terjadi dan tidak cuma atlet dari Eropa, para unggulan Indonesia pun beberapa kali mengalami cedera serupa bahkan sampai mengundurkan diri dari turnamen.

Beberapa dari mereka pun juga melakukan hal yang sama dengan Viktor Axelsen, yakni memilih mundur saat bertanding dan memberikan kemenangan gratis kepada sang lawan demi memulihkan cederanya.

Berikut FOOTBALL265.COM coba rangkum dan mengulas, pebulutangkis top asal Indonesia yang pernah mundur saat bertanding karena alami cedera.

1. Anthony Ginting
Anthony Ginting jadi salah satu atlet Indonesia di ajang Asian Games 2018 yang begitu mencuri perhatian masyarakat. Kala itu, Ginting berhadapan dengan tunggal putra terbaik China, Shi Yuqi di partai final.

Pertandingan berlangsung sengit hingga memasuki gim ketiga. Saat unggul 19-18 di gim penentuan, Ginting mengalami cedera pada bagian pergelangan kakinya. 

Awalnya ia tidak menghiraukan cedera tersebut dan terus memaksakan bermain. Namun saat tertinggal 20-21 dia terpaksa menyerah lantaran tak kuasa menahan sakit, Ginting pun harus mengakhiri pertandingan lebih cepat.

2. Tommy Sugiarto
Tunggal putra peraih dua kali emas SEA Games, Tommy Sugiarto pernah memutuskan untuk mundur di tengah pertandingan saat tampil di babak pertama Maybank Malaysia Open tahun 2015 silam. 

Saat itu, pebulutangkis yang kini berusia 31 tahun tersebut sedang berhadapan dengan unggulan asal China, Lin Dan namun ia terpaksa berhenti di skor 0-2 saat pertandingan baru berlangsung selama 2 menit.

"Cedera pinggang saya dari India Open kemarin belum sembuh. Menurut dokter di sana saya harus istirahat selama satu minggu untuk benar-benar pulih. Saya memutuskan mundur karena sudah tidak bisa bermain," kata Tommy seperti dilansir bulutangkis.com.

Baca Juga

3. Lindaweni
Dalam ajang Axiata Cup tahun 2014 silam, Lindaweni Fanetri yang turun di nomor tunggal putra sempat tampil gemilang saat menghadapi Euro All Star, Kirsty Gilmour. 

Namun sayang, peraih medali perunggu World Championships tahun 2015 ini tidak bisa melanjutkan pertandingan di babak penentuan atau rubber game (21-18 18-21), lantaran dirinya mengalami kram.

Sang pelatih sempat memintanya untuk segera menghentikan pertandingan, namun saat itu Lindaweni masih ngotot bermain dan berhasil leading 15-13, akan tetap rasa sakit mengharuskannya berhenti lebih awal.

BWFTommy SugiartoAnthony Sinisuka GintingLinda WenifanetriLinda Weni FanetriViktor AxelsenAnthony GintingBWF World Tour FinalsBulutangkis

Berita Terkini